ALL LOGO

ALL LOGO

Senin, 12 Maret 2012

Melampirkan File dalam E-mail



3)      Melampirkan File dalam E-mail
Langkah 1
Buka email anda, misalnya jika email anda adalah ini_suratku@yahoo.com, maka yang pertama anda jalankan adalah situs Yahoo.Com di salah satu browser seperti Mozilla Firefox atau Internet Explorer.
OK, simplenya….
Jalankan browser, Start | Program | mozilla Fire Fox atau Start | Internet….
Ketik di address: Yahoo.Com dan klik tombol Go atau tekan Enter
Setelah itu, masukkan ID yahoo dan Passwordnya
Yang jelas kita Login dulu ke email kita, Okay?
Untuk lebih jelas tentang login ke email,
Lupa cara login atau masuk ke email? nah, sekarang, kita sudah masuk ke email kita.
Langkah 2
Klik New di bagian atas jendela sebelah kiri, untuk menulis atau mengirim email.
Langkah 3
Setelah di klik New, kita akan dihadapkan pada kotak isian surat Yahoo.
Silakan isi seperti contoh berikut, mulai dari alamat yang dituju, subject dan isi surat kita.Langkah 4
Setelah yakin, semua isian surat kita isi, cari di bagian atas, tombol Attach.
Tombol ini akan menghubungkan email kita dengan lokasi dimana kita menyimpan file atau foto yang akan kita kirimkan lewat email.
Klik Attach!! Selanjutnya Yahoo akan mulai melampirkan file atau gambar yang kita sisipkan lewat tombol attach tadi. Ini sama dengan proses Upload atau mengirimkan data ke internet.
tombol Cancel berfungsi untuk membatalkan file yang akan dilampirkan.
tunggu sampai proses scanning selesai….

   Jika proses scanning selesai tampilannya maka seperti Seperti ini……Jika proses scanning sudah selesai, akan muncul tombol remove di sebelah kanan file atau gambar yang akan kita kirimkan, yang berfungsi untuk menghapus lampiran file tersebut, jika memang tidak jadi dilampirkan dan akan diganti dengan flampiran lainnya.
Untuk melampirkan file atau gambar lainnya, kita tinggal meng-klik lagi tombol Attach untuk meng-upload file ke email.
Langkah 5
Jika semuanya sudah yakin terisi dan file yang akan kita lampirkan sudah muncul di bagian lampiran (diantara subject surat dan isi surat)
Maka langsung kita tekan Send (=kirim)
Untuk mengirimkan email yang berisi lampiran file tadi…..
4)      BBC (Blind Carbon Copy) sama dengan seperti CC tetapi alamat email yang dituju tidak tertera dalam header pesan.
CC (Carbon Copy ) adalah menyatukan tembusan pada email yang akan dikirim ke pihak lain
Subjeck menyatakan subject atau judul email tersebut.

5)      POP MAIL
“POP (Post Office Protocol) adalah protokol untuk mengelola email. Sekarang POP yang di kenal adalah versi 3 makanya disebut sebagai POP3. Perumpamaan yang paling mudah untuk menjelaskan POP adalah sebagai berikut. Seseorang mengirim surat menuju ke kantor pos. Kemudian kantor pos mengirim surat tersebut ke alamat orang yang berhak menerima surat tersebut. Sedangkan dalam POP bisa dikatakan sebagai berikut: Seseorang mengirim email ke sebuah alamat email pada suatu server (misalnya saya@yahoo.com dimana saya adalah penerima dan yahoo.com adalah servernya) kemudian email tersebut di unduh ke komputer saya. Jadi email tersebut sekarang tersimpan di komputer saya. Bedanya POP dengan web email adalah di web email ketika saya ingin membaca email yang lama, saya harus membuka di server yahoo melalui web broser (Internet Explorer, Firefox, Chrome dll) itu artinya saya harus terkoneksi ke Internet ketika ingin membaca email lama yang mungkin diperlukan. Sedangkan dengan POP saya hanya akan membuka software email client (Outlook, Mozilla Thunderbird,dll) ketika ingin membaca email lama yang sudah pernah di download. Perumpamaan di surat biasa adalah saya harus kembali ke kantor pos untuk membaca surat – surat lama. Sedangkan dengan POP surat tersebut sudah ada di rumah. POP adalah protokol untuk menerima email, sedang untuk mengirim email kita membutuhkan server SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)”


6)      Langkah-langkah menampilkan website pada favorite
a.       Klik menubar favorites, kemudian pada pop up menu akan terlihat alamat website dan klik salah satu halaman website yang diinginkan.
b.      Disamping cara tersebut diatas, anda dapat menggunakan cara dengan mengklik tombol favorites, dan di layer akan terlihat tekspane dan membagi jendela browser menjadi dua bagian. Di sebelah kiri berisi alamat website favorite dan di sebelah kanan berisi halaman website yang dimaksud.
c.       Kkklik masing-masing folder dan alamat website untuk menampilkan isi dari halaman website tersebut.
d.      Klik tombol favorites kembali untuk menyembunyikan atau menonaktifkan jendela tekspane favorites tersebut.
7)      Tombol back, forward, stop, refresh, home, search, favorites, media dan history.
8)      Ciri-ciri link :
·         Link dalam web bisa berupa teks, simbol gambar, foto, dsb
·         Link berupa teks bergaris bawah dan berwarna lain dengan teks lainnya
·         Jika anda mengarahkan mouse pada suatu link, penunjuk mousenya akan berubah bentuk menjadi simbol tangan yang menunjuk
·         Link yang sudah pernah anda kunjungi akan berubah warna
9)      Jenis-jenis layanan informasi dalam informasi :
-          www (word wide web)
-          E-mail (Elektronik mail)
-          Kelompok diskusi (mailing list)
-          FTP (File Transfer Protocol)
-          New Group
-          Chatting
-          Weblog / blog
10)   10 etika berkirim email
10 ETIKA BERKIRIM EMAIL

1. Benahi susunan email 'forwards' anda. Bila anda ingin memforward sebagian atau seluruh pesan pada pihak lain, maka luangkan sedikit waktu anda untuk menghapus tanda yang biasanya muncul. Seperti tanda '>' dsb.

2. Gantilah 'subject' atau judul email bila topik pembicaraan anda berubah. Seringkali setelah saling bertukar email beberapa kali, topik pembicaraan berubah dari aslinya, namun 'subject' atau judul email belum juga diganti.
Akan jauh lebih mudah untuk melacak email yang masuk bila 'subject' disesuaikan dan dapat mencerminkan isi email yang sedang anda tulis.

3. Hapuslah pesan reply yang tidak perlu. Beberapa program email secara otomatis memunculkan isi email yang terdahulu bila anda sedang membalas/mereplynya. Ada baiknya anda menghapus pesan tersebut dan hanya tinggalkan pesan yang benar-benar anda anggap perlu.

4. Jangan teruskan surat berantai. Anda tentu merasa terganggu dan jengkel bila seseorang mengirimi anda sebuah email tentang humor atau cerita-cerita, kemudian meminta anda untuk meneruskannya dengan segera pada 10 teman anda yang lain, atau bila tidak maka anda akan ketiban sial. Mengapa anda juga bermaksud mengganggu dan membuat orang lain jengkel bila anda meneruskan email semacam ini. Hapus saja dengan menekan tombol 'delete'

5. Hormati privacy orang lain. Ini termasuk juga alamat email mereka. Bila anda sedang mengirim email ke sejumlah orang yang mungkin satu sama lain tidak saling mengenal, gunakan 'bcc' atau'blind carbon copy' agar alamat-alamat email mereka tidak saling diketahui. Bila anda mudah mengirim email ke banyak alamat sekaligus tanpa mempertimbangkan saran ini, maka bersiap-siaplah untuk dikomplain karena mereka menerima spam.

6. Jangan melakukan spam. Mungkin saja anda tidak sengaja melakukannya, tetapi banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat-alamat email yang mereka dapat dari 'forwaded email', kemudian menggunakannya tanpa permisi, ini termasuk bentuk spam.

7. Jangan berteriak-teriak. Menulis dengan mengaktifkan huruf besar (tombol 'caps lock') dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan. Orang mungkin menganggap anda sebagai pengguna internet yang tidak baik atau tidak sopan sama sekali.

8. Jangan mudah 'terbakar', over reaksi atau terburu-buru menghapus suatu email tanpa berusaha memikirkannya dengan baik. Dalam bahasa tulis, kita memiliki waktu untuk memikirkan bagaimana kita merespon atas sesuatu email yang membuat kita marah. Begitu juga dengan beremail ria. Bila anda merasa dipenuhi dengan emosi yang kuat, kemudian menulis balasan dengan emosional pula. maka sebaiknya jangan keburu anda kirim email tersebut.
Simpanlah dulu dalam 'draft folder' selama beberapa hari untuk dibaca ulang. Banyak persahabatan yang hancur gara-gara terburu-buru menanggapi sutu email tanpa berusaha memikirkannya dengan bijaksana.

9. Bersabarlah dalam menunggu 'reply'. Ketahuilah, orang tidak hanya hidup dengan internet. Mereka mungkin tidak membalas email anda dengan segera. Masih banyak orang yang mengecek email mereka seminggu sekali.

10. Akuilah bahwa tidak semua orang senang menerima segala yang anda anggap lucu. Jangan terus menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalasnya meskipun dengan ucapan terima kasih. Jangan lupa, luangkan waktu juga untuk memikirkan apa yang kita forwardkan dan kepada siapa kita memforwardkan suatu email. Tidak semua orang setuju atau suka dengan materi yang kita forwardkan.
Untuk orang-orang tertentu, subjek-subjek tertentu (yang kita anggap lucu dan menarik atau ringan) bisa jadi sangat sensitif dan serius.