ALL LOGO

ALL LOGO

Minggu, 22 Juli 2012

PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PERGAULAN SISWA SMA NEGERI 1 SLOGOHIMO




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Internet ialah jaringan global antar komputer untuk berkomunikasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya di belahan dunia. Seperti sekolah, universitas, institusi biset, museum bank, perusahaan bisnis, perorangan, stasiun TV ataupun radio. Internet berfungsi sebagai aspek komunikasi, penyediaan informasi, dan fasilitas untuk promosi. Internet dapat menghubungkan kita dengan berbagai pihak dan berbagai lokasi di seluruh dunia. Misalnya kita bisa kirim data atau surat dengan berbagai pihak di seluruh dunia dengan menggunakan fasilitas electronic mail. Selain fasilitas E-mail internet juga menyediakan fasilitas untuk mengobrol yang dalam internet disebut chatting. Kemampuan internet lainnya adalah usenet, yaitu forum yang disediakan bagi pengguna internet untuk berbagai informasi dan pemikiran mengenai suatu topic melalui bulletin elektronik. Dengan menggunakan forum ini pengguna dapat mengirim pesan mengenai topic bersangkutan dan menerima tanggapan dari pihak lain. Internet terhubung dengan ratusan katalog perpustakaan, sehingga penggunaannya dapat meneliti ribuan data base yang terbuka untuk umum melalui jaringan tersebut yang disediakan oleh perusahaan, pemerintah ataupun nasabah. Pengguna internet dapat mempergunakan informasi ini untuk berbagai keperluan. Beberapa metode atau alat untuk mengakses komputer dan mencari file yang dapat diterapkan melalui internet adalah gopher, archine dan wide area information serves. Dalam dunia bisnis internet digunakan sebagai alat penghubung yang praktis untuk komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, tanpa harus memikirkan waktu dan lokasi.
Berdasarkan alasan diatas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian terhadap pengaruh internet terhadap siswa dengan judul “Pengaruh Penggunaan Internet terhadap Pergaulan Siswa SMA Negeri 1 Slogohimo.”

  1. Pembatasan Masalah
Penelitian ini agar lebih terarah dalam pembahasannya maka penulis mencoba membatasi masalah pada pengaruh penggunaan internet terhadap pergaulan siswa dengan judulPengaruh Penggunaan Internet Terhadap Pergaulan Siswa SMA Negeri 1 Slogohimo”.

  1. Perumusan Masalah
  1. Bagaimana sejarah terciptanya internet ?
  2. Apakah dampak positif penggunaan internet bagi siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo ?
  3. Apakah dampak negatif penggunaan internet bagi siswa SMA Negeri 1 Slogohimo ?
  4. Apa pengaruh penggunaan internet terhadap pergaulan siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo ?



  1. Tujuan Penelitian
  1. Tujuan Umum Penelitian
  1. Sebagai persyaratan mengikuti Ujian Nasional SMA Negeri 1 Slogohimo
  2. Dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi penelitian serupa

  1. Tujuan Khusus Penelitian
  1. Untuk mengetahui sejarah terciptanya internet.
  2. Untuk mengetahui dampak positif penggunaan internet bagi siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo.
  3. Untuk mengetahui dampak negatif penggunaan internet bagi siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo.
  4. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap pergaulan siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo.

  1. Manfaat Penelitian
  1. Peneliti dapat memperoleh gambaran tentang pengaruh penggunaan internet bagi siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo.
  2. Peneliti dapat memberikan masukan pada pihak-pihak yang berkepentingan dengan internet.
  3. Peneliti dapat mengetahui tentang dampak positif dan negatif dalam penggunaan internet.
  4. Peneliti dapat memberikan sumbangan walaupun kecil kepada ilmu pengetahuan.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.    Pengertian Internet
Internet adalah suatu jaringan komputer yang satu dengan yag lain yang saling terhubung untuk keperluan komunikasi dan informasi. Sebuah komputer dalam suatu jaringan internet dapat berada dimana saja atau bahkan diseluruh Indonesia. Sering juga internet diartikan sebagai jaringan komputer diseluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai sarana komunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan juga teks. Informasi ini dibuat oleh penyelenggara atau pemilik jaringan komputer yang menitipkan informasinya kepada penyedia layanan internet. Kegunaan internet bila kita melakukan akses di internet banyak sekali keuntungan yang dapat kita peroleh. Berikut beberapa kegunaan akses internet antara lain tercantum pada uraian dibawah ini, khususnya dalam dunia bisnis sarana informasi dan komunikasi, internet juga digunakan sebagai media komunikasi dan promosi. Internet sudah semakin popular digunakan sebagai media komunikasi interaktif oleh berbagai pihak dalam bentuk e-mail, dukungan pelanggan dengan “www”, videoconfercing, internet realy chat dan internat phone. Pertukaran data dan informasi dengan sistim administrasi pemerintahan (e-government) atau sebagai besources discovery. Untuk kebutuhan sistem perdagangan (e-commerce) internet sangat banyak digunakan yaitu perdagangan lewat bisnis dengan internet. Internet juga semakin intensif dalam aktivitas perbankan, seperti untuk baking online yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi secara online di depan komputer mereka.

B.     Pengaruh Internet Terhadap Pergaulan Remaja
Pengaruh internet terhadap pergaulan remaja dapat dilihat lewat empat parameter, yakni, perkembangan fisik, perkembangan kognitif, perkembangan emosional.
1.      Perkembangan fisik
Seorang remaja pada masanya mengalami perubahan-perubahan pada tubuh, otak, kapasitas sensoris dan keterampilan motorik. Perubahan-perubahan itu merupakan peralihan dari fisik anak-anak menuju fisik orang dewasa. Dalam hal ini internet dapat merangsang pertumbuhan fisik remaja. Situs-situs vulgar, cybersex yang berisi materi-materi yang berbahaya secara tidak langsung merangsang pertumbuhan dan perkembangan seksualitas seorang remaja. Dalam hal ini peran orangtua sangat penting untuk memberi pemahaman terhadap perkembangan seksualitas remaja. Meskipun demikian kecanduan internet juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan fisik seorang remaja, bahkan dapat mengganggu perkembangan fisiknya.
2.      Perkembangan kognitif
Para remaja sangat aktif membangun dunia kognitifnya. Mereka sudah sudah mempunyai pola piker sendiri dalam menanggapi masalah, memilah-milah dan mengorganisir ide-ide dan menciptakan ide baru. Internet dapat menjadi salah satu sarana remaja memperoleh informasi serta jawaban-jawaban dari masalah yang dihadapi internet dapat memperluas wawasan berpikir remaja. Akan tetapi apabila seorang remaja kecanduan internet, ia menjadi terikat pada internet. Internet terlalu dijadikan satu-satunya sumber kebenaran. Seorang remaja tidak lagi mampu membedakan hal-hal mana yang nyata dan mana yang maya, baginya yang maya juga nyata. Remaja menjadi kehilangan pola pikirnya sendiri.
3.      Perkembangan emosional
Masa remaja merupakan masa yang penuh gejolak bagi remaja. Ketegangan emosi meninggi karena adanya perubahan fisik dan kelenjar, pencarian identitas diri, serta konflik-konflik sosial. Selain itu, remaja sangat rentan terhadap pendapat orang lain tentang dirinya. Remaja sangat mempertahankan dirinya sendiri. Dalam diri remaja juga mulai timbul rasa cinta dan kasih sayang terhadap orang lain, khususnya lawan jenis.

C.    Macam-macam Fasilitas Internet
1.      Electronic Mail atau E-mail
2.      Discussion Groups
3.      FTP
4.      Telnet
5.      Gopher
6.      World Wide Web
1.      Electronic Mail atau E-mail
Email adalah surat satau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar idividu atau komputer. Email bekerja seperti mesin penjawab telepon, walaupun kita sedang tidak online dengan internet, kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia.
2.      Discussion Groups
Biasanya kita gunakan email untuk orang-orang yang sudah kita kenal dengan baik, akan tetapi kita juga dapat gunakan email untuk saling bertukar informasi, berdiskusi dan berdialog dengan orang ain.
3.      FTP
FTP atau File Transfer Protocol, adalah layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita dengan server di internet. Cukup banyak server di internet yang menyediakan layanan ini, sehingga kita bisa melengkapi file-file di server ke komputer kita, hali ini yang disebut download. Selain itu kita juga bisa melengkapi file-file di komputer kita ke server internet, hal ini disebut upload.
4.      Telnet
Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut dengan telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal.
5.      Gopher
Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tersusun atas untaian meni sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk kesebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
6.      World Wide Web
World Wide Web adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan tekhnologinya. Layanan ini menggunakan hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (Skrip Halaman Web)



BAB III
METODE PENELITIAN
A.    Metode Pengumpulan Data
1.      Sasaran Penelitian
Sasaran dalam penelitian hal ini adalah semua siswa SMA Negeri 1 Slogohimo baik laki-laki ata perempuan yang menggunakan fasilitas internet.
2.      Lokasi Penelitian
Lokasi ditetapkan di SMA Negeri 1 Slogohimo Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.
3.      Metode Penelitian
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan metode deskriptif. Metode deskriptif yaitu suatu metode dalam penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan suatu gejala atau peristiwa yang terjadi pada situasi sekarang.
4.      Metode Pengambilan Sampel
Metode pangambilan sample yang digunakan adalah metode berimbang (Proposional Random Sampling) dimana peneliti terlebih dahulu mencari data siswa yang memakai fasilitas internet. Berimbang masing-msing 10% dari siswa yang menggunakan fasilitas internet dan 10% siswa yang tidak menggunakan fasilitas internet. Sample tersebut berguna untuk mengetahui seberapa besar pengaruh internet terhadap pergaulan siswa SMA Negeri 1 Slogohimo.

5.      Metode Pengumpulan Data
a.       Wawancara
Yaitu cara mendapatkan informasi dengan bertanya langsung kepada responden.
b.      Angket
Yaitu dengan menyebarkan daftar pertanyaan yang harus diisi oleh responden.
6.      Sumber Data
a.       Data primer, diperoleh dari para informan dan situasi-situasi sosial melalui metode dan cara-cara seperti yang telah dijelaskan diatas.
b.      Data sekunder, diperoleh dari catatan-catatan yang ada di lokasi penelitian.

B.     Metode Analisis Data
Metode analisis dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan yaitu metode dengan mengambil data dari bahan pustaka yang relevan dengan bahan penelitian. Selain dengan menggunakan metode kepustakaan, metode yang digunakan adalah metode observasi yaitu metode dengan pengumpulan data dengan menggunakan indera.


BAB IV
HASL PENELITIAN
A.    Sejarah Terciptanya Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969 melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan seberapa besar informasi dapat dipindahkan dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protocol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969 dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan oktober 1972. tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat diseluruh daerah dan semua universitas di negaratersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

B.     Dampak Positif Penggunaan  Internet
Internet lebih banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negatif. Internet sebagai media komunikasi merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya diseluruh dunia. Media pertukaran data dengan menggunakan email, newsgroup, Hp, dan www. Para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah, media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang sangat pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat, kemudahan memperoleh informasi yang paling penting dan akurat. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi, bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan dll.

C.    Dampak Negatif Penggunaan Internet
Internet kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang berteknologi mewah dan praktis. Para pelajar yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat asusila lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri. Sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran di sekolah. Hal ini dapat menjadi sebuah penghancur generasi muda. Remaja adaah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya. Dia akan mengikuti hal yang paling dominan yang berada didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja akan mendorong kemana arah remaja itu berjalan. Karena positif atau negatif tergantung dari mana dia memulai.

D.    Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Pergaulan Siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo
Jaringan sosial ini menurut kebanyakan siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo merupakan hal yang harus diketahui, siswa juga mempergunakan internet sebagai sumber untuk mencari dan mendapatkan tugas dari sekolah. Facebook, Twitter dan Plurk merupakan contoh jejaring social yang banyak diminati kalangan pelajar.
1.      Dampak positif
a.       Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan WWW sebagai salah satu sumber informasi akurat.
b.      Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga siswa SMA N 1 Slogohimo bisa mengetahui  apa yang terjadi di luar sana.
c.       Sarana sosial dengan masyarakat luas sehingga siswa di SMA N 1 Slogohimo menggunakan internet untuk berkomunikasi dengan masyarakat luas seperti menggunakan facebook dan twitter.

2.      Dampak negatif
a.       Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, sebagian siswa SMA N 1 Slogohimo menggunakannya untuk membuka situs-situs pornografi dan mendownloadnya.
b.      Dapat membuat orang kecanduan, terutama yang menyangkut ponografi dan siswa dapat menghabiskan uang jajannya karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
c.       Siswa jadi malas belajar karena ketagihan dengan berbagai macam jaringan sosial.
Cara menanggulangi dampak negatif dari internet:
  1. Orang tua hendaknya ikut serta mengawasi dan memberi pengertian/arahan kepada anak supaya memanfaatkan internet untuk kegiatan yang positif.
  2. Pemerintah seharusnya memberi kritik dan saran maupun masukan kepada penyedia layanan internet agar menutup situs-situs yang berdampak negatif bagi remaja dan pelajar.
  3. Diharapkan agar pihak penyedia layanan internet menyajikan situs-situs yang mendidik para remaja dan pelajar dan menutup situs-situs yang berbau pornografi dan kekerasan.



E.     Angket
Dalam laporan penelitian ini saya mempergunakan angket untuk mengetahui pernyataan tentang internet terutama dikalangan pelajar dan angket yang saya buat yaitu sebagai berikut :
1. Apakah kamu mengenal internet ?
2. Apakah kamu kesulitan dalam mengoperasiakan internet ?
3. Seberapa sering kamu menggunakan internet ?
4. Berapa lama kamu harus di depan komputer setiap menggunakan internet ?
5. Dimanakah kamu sering menggunakan internet ?
6. Situs apa sajakah yang sering kamu jelajahi ?
7. Manfaat apa saja yang kamu dapatkan dari internet ?
8. Apakah internet sekarang sudah menjadi salah satu kebutuhanmu?
Dari pernyataan pelajar yang telah mengisi angket yang saya buat, saya dapat membuat analisis sebagai berikut :
1. Pelajar yang mengenal internet sebesar :
10/10 × 100 % = 100 %
2. Pelajar yang tidak kesulitan dalam pengoperasian internet sebesar :
8 /10 × 100 % = 80 %
3. Pelajar yang paling sering menggunakan internet 1 kali dalam seminggu sebesar :
5/10 × 100 % = 50 %


4. Pelajar yang mengahabiskan waktu untuk berinternet Selama 2 jam sebesar :
6/10 × 100 % = 60 %
5. Pelajar yang mengoperasikan internet di warnet sebesar :
7/10 × 100 %= 70 %
6. Pelajar yang lebih sering menjelajahi situs Google sebesar :
7/10 × 100 % = 70 %
7. Pelajar yang mendapatkan manfaat dari internet yaitu menambah informasi terbaru sebesar :
10/10 × 100 % = 100 %
8. Pelajar yang telah menganggap internet sebagai salah satu kebutuhan mereka sebesar :
9/10 × 100 % = 90 %

Rincian pernyataan atau jawaban dari beberapa pelajar yang telah mengisi angket saya :
a. Pelajar pertama
1. Ya.
2. Tidak.
3. 5 kali dalam sehari.
4. 1 jam.
5. Rumah.
6. Friendster,blog, web site, Yahoo Messenger.
7.   a. Dapat melihat nilai tugas sekolah.
b. Menambah teman.
c. Menambah wawasan.
8. Ya ,namun terkantung kebutuhan.

b. Pelajar kedua
1. Ya.
2. Tidak.
3. Semiggu sekali.
4. 2 jam.
5. Hp dan waenet.
6. Google, friendster,blog,game online.
7.   a. Menambah wawasan pendidikan .
b. Menambah keakrapan teman.Ya karena sekarang adalah zaman modernisasi yang semuanya serba cepat jadi internet sangatlah dibutuhkan

c. Pelajar ketiga
1. Pasti.
2. Tidak.
3. 3 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Rumah.
6. Friendster.
7.   a. Sebagai hiburan.
b. Menambah wawasan.
c. Menambah teman .
8. Ya, karena banyak tugas dari sekolah yang membutuhkan internet.

d. Pelajar keempat
1. Ya.
2. Tidak.
3. 4 kali dalam seminggu.
4. 1 ½ jam – 1 jam.
5. Warnet.
6. Friendster,google.
7.   a. Mendapat banyak teman.
b.Memperoleh banyak informasi.
8. Ya , karena kecanduan.

e. Pelajar kelima
1. Ya.
2. Tidak.
3. 3 kali dalam seminggu.
4. 1 ½ jam - 1 jam.
5. Warnet.
6. Google.
7.    a. Menambah teman.
b. Menambah Pengetahuan.
8. Ya ,karena tugas dari sekolah banyak yang menggunakan internet.

f. Pelajar keenam
1 Ya.
2 Tidak.
3 3 kali dalam seminggu.
4 2 jam.
5 Warnet.
6 Friendster.
7    a. Mendapat informasi.
b. Menambah banyak teman.
8. Ya, karena tugas sekolah banyak yang menggunakan internet.

g. Pelajar ketujuh
1. Ya.
2. Sedikit kesulitan.
3. 1 – 2 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Warnet.
6. Friendster,google.
7.   a. Menambah teman.
b. Menambah wawasan.
8. Ya , karena banyak tugas sekolah yang membutuhkan internet.

h. Pelajar kedelapan
1. Ya.
2. Tidak.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Warnet.
6. Google.
7.   a. Menambah wawasan,
b. Mendapat informasi yang terbaru .
8. Ya, karena dengan internet lebih mudah dan cepat informasinya.

i. Pelajar Kesembilan
1. Ya.
2. Tidak.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 45 menit – 1 jam.
5. Warnet.
6. Google
7.   a. Menambah teman.
b. Menambah informasi dan ilmu
8. Ya, karena di internet informasinya sangatlah berragam dan lebih efisien.

j. Pelajar kesepuluh
1. Ya.
2. Ya.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 3 jam.
5. Warnet.
6. Google dan You-tube.
7.   a. Menambah teman.
b. Mendapat informasi yang tidak ada di buku.
8. Tidak karena lebih mudag nyari di buku.


BAB V
PENUTUP
Penulis mengetahui betapa besarnya peran internet bagi pelajarsehingga penulis berusaha untuk mengungkap tentang berbagai dampak dan manfaat dari pengaruh penggunaan internet terhadap aktivitas dan mentalitas pelajar. Namun penulis menyadari bahwa dalam pembuatan karya tulis ini masih ada kekurangan-kekurangan sehingga hasilnya kurang dari kesempurnaan dan mungkin kurang memuaskan bagi para pembaca. Hal ini disebabkan keterbatasan kemampuan dari penulis, oleh karena itu sebelumnya penulis minta maaf. Serta penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan karya tulis ini sebab masih terdapat kekurangan dan kesalahan dalam penulisan karya tulis ini, maka penulis akan menerima adanya kritik dan saran dari pembaca yang berguna untuk membangun kesempurnaan penulisan karya tulis ini.
Mudah-mudahan karya tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk menambah pengetahuan khususnya bagi mereka yang ingin memperluas pengalaman tentang berbagai pengaruh dari adanya perkembangan internet terhadap aktivitas belajar dan juga mentalitas pelajar.





A.    Kesimpulan
Setelah penulis mengadakan penulisan tentang pengaruh penggunaan internet terhadap siswa di SMA N 1 Slogohimo maka penulis menyimpulkan sebagai berikut :
  1. Dengan kita melihat internet kita dapat memperoleh bermacam-macam hiburan informasi dan lain-lain.
  2. Internat juga mempunyai manfaat yang penting khususnya para pelajar dan masyaraat pada umumnya, sebab internet akan dapat menambah pengetahuan yang sangat luas.
  3. Internet mempunyai beberapa dampak positif dan negatif.

B.     Saran
Dari hasil pembuatan karya tulis ini penulis dapat memberikan beberapa saran sebagai berikut ini yaitu :
1.      Dengan adanya internet hendaknya kita wajib bersyukur karena dengan menggunakan internet kita mengetahui bermacam-macam berita dan informasi yang lain, tetapi hendaknya kita waspada terhadap internet yang mampunyai dampak negatif sebab dampak negatif dapat berakibat buruk bagi kita sendiri.
2.      Internet juga dapat untuk menambah pengetahuan yang luas, tetapi hendaknya kita dapat mengatur waktu atau membagi waktu agar kita dapat menyelesaikan pekerjaan atau tugas kita dengan baik dan tepat waktu walaupun internet itu sangat menarik serta sebaiknya kita jangan menunda tugas serta kewajiban kita dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Sebagai pelajar seharusnya kita dapat membagi waktu dan tidak mudah terpengaruh pada internet yang kurang baik untuk ditiru maka sebaiknya kita dapat menilai mana yang baik untuk kita tiru dan yang harus kita hindari.
Selain saran-saran yang diberikan oleh penulis juga terdapat saran dari salah satu  pihak yang juga sangat berperan dalam hal tersebut diatas :
1.      Saran pemerintah
Pemerintah hendaknya memberikan anjuran yang terbaik bagi masyarakat khususnya bagi pelajar. Pemerintah seharusnya memberikan kritik dan saran maupun masukan pihak penyedia layanan internet agar internet menampilkan dan menyajikan situs-situs yang bermanfaat bagi kita.
2.      Saran orang tua
Sebagai orang tua sebaiknya kita dapat mengetahui segala sesuatu yang sedang dilakukan oelh anak misalnya anak sedang menggunakan internet hendaknya kita harus ikut serta mengewasi secara langsung maupun tidak langsung apa yang mereka buka di internet. Salah satu situs internet menyajikan pornografi, sebaiknya kita melarang anak untuk membuka situs tersebut agar anak tersebut tidak melihat situs tersebut karena tidak sesuai dengan umur mereka. Sebab setelah melihat situs internet internet yang kurang mendidik itu biasanya anak tidak segan-segan untuk meniru adegan-adegan yang mereka lihat (saksikan). Hal itu akan dapat berpengaruh pada diri mereka.

DAFTAR PUSTAKA
http://duniabaca.com/pengaruh-internet-manfaat-internet-serta-dampak-positif-dan-negatif-internet-bagi-penggunanya.html
http://edukasi.kompasiana.com/2012/02/06/pengaruh-internet/
http://teknologi.kompasiana.com/internet/2012/02/03/pengaruh-internet-untuk-pelajar/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet