ALL LOGO

ALL LOGO

Minggu, 22 Juli 2012

PERUBAHAN SIKAP REMAJA DENGAN ADANYA FACEBOOK DI KALURAHAN KARANG KECAMATAN SLOGOHIMO KABUPATEN WONOGIRII


PERUBAHAN SIKAP REMAJA DENGAN ADANYA FACEBOOK DI KALURAHAN KARANG KECAMATAN SLOGOHIMO
KABUPATEN WONOGIRII


KARYA TULIS
Disusun dan Diajukan Untuk Memenuhi Tugas dan
Melengkapi Sebagian Syarat Mengikuti Ujian Nasional di
SMA Negeri 1 Slogohimo

Disusun Oleh :
Nama              : Dewi Meilani
No. Induk      : 1729
Kelas              : XII.S1
Program         : IPS

PEMERINTAH KABUPATEN WONOGIRI
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 SLOGOHIMO
2012

PERUBAHAN SIKAP REMAJA DENGAN ADANYA FACEBOOK DI KALURAHAN KARANG
KECAMATAN SLOGOHIMO
KABUPATEN WONOGIRII

Diajukan Oleh :
Dewi Meilani
NIS. 1729

Mengetahui

Dewan Pembimbing
Jabatan

Nama
Tanda tangan
Tanggal
Pembimbing I
Suprapto, S.Sos, M.Pd
NIP.19700202 200212 1 009
______________
_______________
Pembimbing II
Dra. Heny Rahayu
NIP.19621025 199512 2 002
______________
_______________

Slogohimo,   Mei 2012
Mengesahkan
Kepala SMA Negeri 1 Slogohimo


Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd
NIP.19640720 199512 2 003
Koodinator Kaya Tulis


Heru Purwoko, S.Pd
NIP.19730620 200701 1 008


                                               
                                                        
MOTTO
  1. Hati – hati secara berlebihan sama buruknya dengan tidak berhati – hati, karena membuat orang lain sangsi.
  2. Jalan terbaik dalam mencari kawan adalah kita harus berlaku sebagai kawan.
  3. Apabila anda berbuat kebaikan kepada orang lain, maka anda telah berbuat baik terhadap diri sendiri. ( Benyamin Franklin )
  4. Menunggu kesuksesan adalah tindakan sia-sia yang bodoh.
  5. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok adalah harapan.


















PERSEMBAHAN

















Karya Tulis ini Penulis persembahkan:
1.      Ayah dan Ibu tercinta
2.      Keluarga tersayang
3.      Almamater SMA Negeri 1 Slogohimo
4.      Para pembaca yang Budiman







KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Alloh SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-NYA sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini.
Karya tulis ini disusun untuk memenuhi sebagian syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional di SMA Negeri 1 Slogohimo.
Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya, terutama kepada :
  1. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd, Kepala SMA Negeri 1 Slogohimo yang telah memberi izin pembuatan dan mengesahkan karya tulis ini.
  2. Suprapto, S.Sos, M.Pd, Pembimbing materi yang telah mengarahkan dan membimbing dalam penyusunan karya tulis ini.
  3. Dra. Heni Rahayu, Pembimbing teknis yang telah mengarahkan dan membimbing dalam teknik penulisan karya tulis ini.
  4. Bapak dan Ibu Guru yang telah memberikan dukungan moral dan material dalam penyelesaian karya tulis ini.
  5. Teman- teman yang telah memberikan dukungan moral dan material dalam penyusunan karya tulis ini.
  6. Semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu per satu yang telah membantu penulis dalam penyelesaian karya tulis ini.
Semoga segala bantuan, saran, serta pengarahan yang telah diberikan kepada penulis mendapat balasan setimpal dari Allah SWT, amin. Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih banyak sekali kekurangannya, untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari dari para pembaca.
Penulis berharap semoga karya tulis ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para pembbaca dan pihak sekolah.


Penulis




BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Facebook adalah website jaringan social dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain.
Tidak bisa dipungkiri bahwa pengguna situs jejaring social facebook merupakan yang paling banyak penggunanya dibandingkan situs pertemanan yang lain. Sehingga memungkinkan orang untuk menggunakan untuk keperluan apa saja.
Fungsi dan kegunaan facebook yang paling mendasar adalah untuk mencari dan menjalin pertemanan antara pengguna dunia maya, tetapi seiring berjalannya waktu, facebook bisa digunakan untuk apa saja seperti apa saja yang saya ketahui :
1.      Sekedar chating dan menghabiskan waktu luang.
2.      Untuk menambah teman sebanyak-banyaknya
3.      iseng-iseng narsis dengan menampangkan fotonya di profile
4.      Bisnis online, untuk yang satu ini bisa saja dan sekarang makin sering digunakan oleh para marketing.
5.      Maen game, banyak game di facebook yang paling sering dimainkan yaitu Mafia Wars dan Holdem Zynga Poker kemudian ada lagi perang genk, dan Farmville dan masih banyak lagi game-game facebook yang bisa dinikmati.
6.      Untuk modus kejahatan penipuan dan penculikan.
Sekarang di zaman yang modern ini banyak kalangan yang menggunakan facebook di kehidupan sehari-harinya terutama pada kalangan remaja. Mereka sangat menggemari dunia maya untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang jauh keberadaannya maupun mencari teman baru yang diinginkan. Namun, mereka belum begitu faham akan dampak-dampak yang ditimbulkan dari adanya facebook.
Berdasarkan pertimbangan di atas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Perubahan Sikap Remaja Dengan Adanya Facebook di Kalurahan Karang, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri”.

  1. Pembatasan Masalah
Penelitian ini agar lebih terarah dalam pembahasannya maka penulis akan membatsi tentang Perubahan Sikap Remaja dengan Adanya Facebook di Kalurahan Karang, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

  1. Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan yang telah diposkan pada latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1.      Bagaimana sejarah facebook ?
2.      Apa saja fasilitas yang terdapat pada facebook ?
3.      Apa tujuan Penggunaan facebook ?
4.      Apa pengaruh penggunaan facebook terhadap perubahan sikap remaja di kalurahan Karang ?
5.      Apa dampak Positif dan negatif  dari penggunaan facebook ?

  1. Tujuan Penelitian
1.      Tujuan Umum Penelitian :
a.       Agar siswa dapat melakukan penelitian social sederhana
b.      Sebagai persyaratan mengikuti Ujian Nasional SMA Negeri 1 Slogohimo
c.       Dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi penelitian serupa
2.      Tujuan Khusus
a.       Untuk mengetahui sejarah facebook
b.      Untuk mengetahui fasilitas yang terdapat pada facebook
c.       Untuk mengetahui tujuan penggunaan facebook
d.      Untuk mengetahui pengaruh penggunan facebook terhadap perubahan sikap remaja.
e.       Untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari penggunaan facebook.

  1. Manfaat Penelitian
1.      Peneliti dapat memperoleh pengetahuan tentang sejarah facebook
2.      Peneliti dapat mengetahui tentang fasilitas yang terdapat pada facebook
3.      Peneliti dapat mengetahui tujuan penggunaan facebook
4.      Peneliti dapat mengetahui pengaruh penggunaan facebook terhadap perubahan sikap remaja
5.      Peneliti juga dapat mengetahui dampak positif dan negatif dari penggunaan facebook.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.    Pengertian Facebook
Facebook adalah sebuah jejaring social dan situs web yang diluncurkan pada februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh facebook. Pada januari 2011, facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi Universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

B.     Perubahan Sikap Remaja Dengan Adanya Facebook
Perubahan sikap remaja dengan adanya facebook yaitu :
1.      Kecanggungan dalam pergaulan dan ketakutan dalam gerakan.
2.      Ketidakstabilan emosi.
3.      Adanya sikap menentang dan menantang orang tua.
4.      Adanya perasan kosong akibat perombakan pandangan dan petunjuk hidup.
5.      Pertentangan di dalam dirinya sering menjadi pangkal penyebab pertentangan-pertentangan dengan orang tua.
6.      Kegelisahan karena banyak hal yang diinginkan tetapi remaja tidak sanggup memenuhi semuanya.
7.      Senang bereksperimentsi.
8.      Senang bereksplorasi.
9.      Mempunyai banyak fantasi, khayalan, dan bualan.
10.  Kecenderungan membentuk kelompok dan kecenderungan kegiatan kelompok.

Data Frekuensi Pemanfaatan Jejaring Sosial Facebook di Kalurahan Karang
No
NAMA KARANG TARUNA
FREKUENSI
PRESENTASE
HARI
BULAN
1.     
Karang/Karang Mas
8
240
27%
2.     
Kecik/Kerana
6
180
20%
3.     
Dawung/Kurada
12
360
40%
4.     
Badran/Bakartuna
4
120
13%


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN DAN ANALISIS
A.    Metodologi Penelitian
1.      Sasaran Penelitian
Sasaran dalam penelitian ini adalah remaja Kalurahan Karang
2.      Lokasi Penelitian
Lokasi ditetapkan di Kalurahan Karang, Kecamatan Slogohimo
3.      Metode Penelitian
Dalampenelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan metode deskriptif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan suatu gejala atau peristiwa yang terjadi pada situasi sekarang.
4.      Metode pengambilan Sempel
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sample bertujuan (purposeful). Dimana peneliti hanya mengambil sample orang-orang tertentu (remaja) yang dianggap memiliki informasi.
5.      Metode Pengumpulan data
a.       Wawancara
Yaitu cara mendapatkan informasi dengan bertanya langsung pada responden.
b.      Observasi
Yaitu cara pengumpulan data dengan pengamatan langsung.
6.      Sumber Data
a.       Data Primer, diperoleh dari para informan dari situasi-situasi social melalui metode dan cara-cara seperti yang telah dijelaskan di atas.
b.      Data Sekunder, diperoleh dari catatan-catatan yang terdapat dalam suatu situs dan para informan serta instansi terkait.

B.     Metode Analisis
Metode analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisa deskriptif dengan menampilkan table-tabel prosentasi dan distribusi frekuensi. Menurut effendi dan Cris Manning, disebutkan bahwa distribusi frekuensi berfungsi untuk menggambarkan karakteristik sample penelitian (Masri Singarimbun, 1909). Penggunaan table-tabel prosentase dari distribusi frekuensi dalam penelitian ini juga dimaksud untuk memudahkan dalam menganalisa dan membacanya sehingga membantu memperjelas hasil penelitian ini.


BAB IV
PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
A.    Sejarah Facebook
Sejarah facebook berawal ketika Mark Zuckerberg membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai situs buatannya Facemash.com. metode situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan pria dan wanita, dimana selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling hot. Untuk menampilkan foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara door-to-door untuk meminta foto. Saking nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus. Atas tindakan itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya, namun saying mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga aka nada orang lain yang membuat situs serupa”.
Pada smester berikutnya, pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL : http://www.thefacebook.com. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas : “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat media bertukar informasi antar civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja. Saat pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Havard saat itu. Selanjutnya sejumlah rekan Zuckberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverim (analisis usaha), Dustin Moskovitz (Programmer), Andrew Mc Collum (desainer grafis), dan Chris Hughes. Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunanya di hamper semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, Mc Collum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Aito, California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D’Angelo dan Sean Parker. Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri Pay Pal, Pieter Thiel.
Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntukan dana hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com. Awal tahun 2006, facebook mencapat suntikan dana USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Portners, dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei tahun yang sama facebook mulai merambah benua asia melalui India. Di pertengahan tahun, giliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, facebook merubah status registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia. Bulan September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham facebook senilai USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah inisejumlah pemain raksasa lain seperti Google, Viacam, Friendster juga mengungkapka minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahco telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-Shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook. Pada Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 5 miliar.

B.     Fitur yang Terdapat Pada Facebook
Facebook memiliki sejumlah fitur interaksi antar sesame pengguna yang diantaranya adalah fitur wall/dinding, ruang tempat sesame pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka, poke/colek, sarana untuk saling mencolek sesame virtual, photos/foto, ruang untuk memasang foto, dan status yang menampilkan kondisi/ide terkini pengguna. Mulai Juli 2007 facebook mengizinkan pengguna untuk mengirim berbagai lampiran (tautan, aplikasi) langsung ke wall/dinding, dimana sebelumnya yang diizinkan hanya teks saja.
Seiring perjalanan waktu, facebook menambahkan beberapa fitur baru ke dalam situsnya. Pada September 2006, facebook mengumumkan peluncuran news feed/rangkaian kabar berita yang berisi kilasan informasi dari masing-masing pengguna. Mulanya fitur ini bersifat terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja. Namun setelah mendapat keluhan dari beberapa pengguna, pihak facebook merubah pengaturan fitur ini sehingga kini pengguna dapat mengatur mana yang bisa ditampilkan di news feed/rangkaian kabar berita dan mana yang tidak.
Fitur catatan/notes ditambahkan pada 22 Agustus 2006. dalam fitur ini pengguna bisa mengimpor tulisannya dib log lain (Xanga, Livejournal,Blogger) untuk ditampilkan di facebook. Tanggal 7 April 2008, facebook meluncurkan salah satu fitur favorit yaitu Chat/Obrolan, tempat dimana para pengguna bisa saling berkirim pesan pribadi secara langsung dari real time.
Fitur Gift/Hadiah dimulai pada 8 Februari 2007. fitur ini adalah fitur untuk saling berkirim hadiah. Hadiah bisa dibeli dengan harga USD 1 dan ditambahkan pesan pribadi. Tanggal 14 Mei 2007, facebook memperkenalkan Marketplace yang mengizinkan pengguna untuk beriklan secara gratis. Fitur beriklan gratis ini dibuat untuk menyaingi fitur serupa yang diperkenalkan oleh Craiglist. Juli 2008, facebook merapikan tampilan situs sehingga setiap kategori (dinding, info, foto, dll) memiliki tab-tab terpisah. Mulai maret 2009, facebook merapikan tampilan Home/Beranda.
Platform pada 24 Mei 2007, facebook mempromosikan facebook platform. Ini adalah sarana bagi para pengembang software untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan di facebook. Langkah ini segera disambut oleh para pengembang software sehingga 25 Maret 2009 tercatat ada 52.000 aplikasi dengan jumlah pengembang sebanyak 660.000 pihak.

C.    Tujuan Penggunaan Facebook
Tujuan penggunaan facebook bagi remaja adalah sebagai berikut :
1.      Mempermudah sarana komunikasi dan informsi
2.      Sekedar chating dan menghabiskan waktu luang.
3.      UUUntuk menambah teman sebanyak-banyaknya.
4.      Iseng-iseng narsis dengan menampangkan fotonya di profile.
5.      Main game di facebook, yang paling sering dimainkan yaitu Mafia Wars dan Holdem Zynga poker kemudian ada lagi perang genk, dan Farmville dan masih banyak lagi game-game facebook yang bisa dinikmati pengguna facebook terutama bagi remaja.

D.    Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Perubahan Sikap Remaja di Desa Karang
Facebook merupakan jaringan sosial yang sangat popular saat ini, terlihat dari banyaknya jumlah orang yang menggunakan dan memanfaatkan jejaring ini, tak terkecuali remaja di Desa Karang. Banyak remaja yang menggunakan jejaring ini tidak hanya untuk mencari teman, tetapi juga untuk hiburan, terlebih banyaknya aplikasi yang bersifat menghibur, seperti Poker, Farmville, Maviawars, Pet Society, Restaurant city, dan lainnya. Dari fitur/aplikasi yang disediakan oleh jejaring ini, memiliki pengaruh ataupun dampak bagi para penggunannya, mulai dari yang baik hingga yang buruk terutama pada remaja. Pengaruh negative yang ditimbulkan antara lain :
1.      Bersifat kecanduan.
2.      Membuat malas untuk bersosialisasi secara langsung (tatap muka)
3.      Membuat pengguna menjadi boros
4.      Menurunnya prestasi belajar.

Presentase Penggunaan Jejaring Sosial Facebook terhadap Remaja di Karang Taruna Kalurahan Karang
No
NAMA KARANG TARUNA
JUMLAH PENGGUNA
PRESENTASE KENAIKAN
DULU
SEKARANG
1.     
KARANG/KARANG MAS
7
21
28%
2.     
KECIK/KERANA
5
19
20%
3.     
DAWUNG/KURADA
9
27
36%
4.     
BADRAN/BAKARTUNA
4
20
16%

Tabel Perubahan Sikap Remaja di Karang Taruna se Kalurahan Karang dengan Adanya Facebook
No
NAMA KARANG TARUNA DI WILAYAH DUSUN
SIKAP
DULU
SEKARANG
1.     
KARANG/KARANG MAS
-      Bersikap ramah dengan orang sekitar
-      Pergaulan dibatasi norma
-      Hal-hal yang berbau porno dianggap tabu
-      Tidak peduli dengan sekitarnya
-      Pergaulan semakin bebas
-      Hal-hal yang berbau porno dianggap bebas
2.     
KECIK/KERANA
-      Masih ada waktu untuk belajar
-      Hemat
-      Tidak ada waktu untuk belajar
-      Boros
3.     
DAWUNG/KURADA
-      Rajin Beribadah
-      Adat istiadat masih ada
-      Malas beribadah
-      Adat istiadat mulai ditinggalkan
4.     
BADRAN/BAKARTUNA
-       Etika masih dijunjung kesopanan
-       Gaya berpakaian sopan
-     Etika mulai ditinggalkan
-     Gaya berpakaiannya mengikuti budaya barat

E.     Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Facebook di Kalangan Remaja Kalurahan Karang
Dampak Positif :
1.      Mempererat silaturahmi
2.      Mengetahui potensi diri
3.      Tempat curhat
4.      Sarana diskusi
5.      Untuk media menyimpan foto keluarga dan foto kenangan bersama teman

Dampak Negatif :
1.      Mengungkap kehidupan pribadi
2.      Banyak waktu yang terbuang sia-sia dan tidak bermanfaat
3.      Penurunan dalam belajar
4.      Berkurangnya silaturahmi
5.      Memicu pergaulan bebas yang tanpa batas
6.      Kehilangan waktu tidur dalam waktu lama, menyebabkan kantuk berkepanjangan, sulit berkonsentrasi, dan depresi dari sistem kekebalan
7.      Memicu gangguan tulang akibat kekurangan Vitamin D yang bisa membuat tulang mudah rapuh.
8.      Beresiko terjadinya beberapa penyakit fisik karena terlalu lama duduk dan memegang mouse. Seperti sakit punggung dan nyeri sendi.


BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.      Perkembangan facebook sengat ditunjang oleh kualitas sumber daya manusia yang sangat partisipatif.
2.      Sejumlah fsilitas seperti fitur wall/dinding, newsfeed, catatan/notes yang ada dalam facebook sangat berguna bagi para pengguna dalam berkomunikasi dengan pengguna lain.
3.      Tujuan penggunaan facebook yang paling penting bagi masyarakat umum adalah sarana komunikasi interaktif.
4.      Pengaruh negatif yang ditimbulkan dari penggunaan facebook bagi remaja di desa Karang yaitu : remaja menjadi kecanduan, menurunkan prestasi pelajar remaja.
5.      Dampak positif dan negative yang ditimbulkan dari penggunaan internet memicu timbulnya berbagai konflik di masyarakat seperti : perceraian, tindakan criminal, dan yang menantang hukum.

B.     Saran
1.      Dalam penggunan facebook pengguna harus lebih cermat untuk memperhatikan perkembanyan facebook yang semakin menggelobal.
2.      Sebaiknya fasilitas sarana dan prasarana dalam facebook ditambah, mengingat fasilitas tersebut sangat bermanfaat bagi pengguna.
3.      Agar komunikasi berjalan dengan lancer pengguna harus lebih hati-hati dalam menggunakan internet.
4.      Sebaiknya orang tua memberikan pengarahan dan pendekatan persuatif kepada anaknya agar dalam menggunakan facebook mereka tidak lupa waktu dan mengganggu aktivitas belajar, sehingga prestasi mereka tidak menurun.
5.      Pengguna sebaiknya ketika akan menggunakan facebook, melihat sisi positif dan negatif terlebih dahulu supaya mereka mendapatkan manfaatnya.

DAFTAR PUSTAKA

(Diunduh tanggal 1 Mei 2012)
http://id.wikipedia.org/wiki/Fitur_Facebook (Diunduh tanggal 3 Mei 2012)