BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Internet ialah jaringan global antar komputer untuk berkomunikasi dari
satu lokasi ke lokasi lainnya di belahan dunia. Seperti sekolah, universitas,
institusi biset, museum bank, perusahaan bisnis, perorangan, stasiun TV ataupun
radio. Internet berfungsi sebagai aspek komunikasi, penyediaan informasi, dan
fasilitas untuk promosi. Internet dapat menghubungkan kita dengan berbagai
pihak dan berbagai lokasi di seluruh dunia. Misalnya kita bisa kirim data atau surat dengan berbagai
pihak di seluruh dunia dengan menggunakan fasilitas electronic mail. Selain
fasilitas E-mail internet juga menyediakan fasilitas untuk mengobrol yang dalam
internet disebut chatting. Kemampuan internet lainnya adalah usenet, yaitu forum
yang disediakan bagi pengguna internet untuk berbagai informasi dan pemikiran
mengenai suatu topic melalui bulletin elektronik. Dengan menggunakan forum ini
pengguna dapat mengirim pesan mengenai topic bersangkutan dan menerima
tanggapan dari pihak lain. Internet terhubung dengan ratusan katalog
perpustakaan, sehingga penggunaannya dapat meneliti ribuan data base yang
terbuka untuk umum melalui jaringan tersebut yang disediakan oleh perusahaan,
pemerintah ataupun nasabah. Pengguna internet dapat mempergunakan informasi ini
untuk berbagai keperluan. Beberapa metode atau alat untuk mengakses komputer
dan mencari file yang dapat diterapkan melalui internet adalah gopher, archine
dan wide area information serves. Dalam dunia bisnis internet digunakan sebagai
alat penghubung yang praktis untuk komunikasi antara perusahaan dengan
pelanggan, tanpa harus memikirkan waktu dan lokasi.
Berdasarkan alasan diatas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian
terhadap pengaruh internet terhadap siswa dengan judul “Pengaruh Penggunaan
Internet terhadap Pergaulan Siswa SMA Negeri 1 Slogohimo.”
- Pembatasan Masalah
Penelitian ini agar lebih terarah dalam pembahasannya maka penulis
mencoba membatasi masalah pada pengaruh penggunaan internet terhadap pergaulan
siswa dengan judulPengaruh Penggunaan Internet Terhadap Pergaulan Siswa SMA
Negeri 1 Slogohimo”.
- Perumusan Masalah
- Bagaimana sejarah terciptanya internet ?
- Apakah dampak positif penggunaan internet bagi siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo ?
- Apakah dampak negatif penggunaan internet bagi siswa SMA Negeri 1 Slogohimo ?
- Apa pengaruh penggunaan internet terhadap pergaulan siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo ?
- Tujuan Penelitian
- Tujuan Umum Penelitian
- Sebagai persyaratan mengikuti Ujian Nasional SMA Negeri 1 Slogohimo
- Dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi penelitian serupa
- Tujuan Khusus Penelitian
- Untuk mengetahui sejarah terciptanya internet.
- Untuk mengetahui dampak positif penggunaan internet bagi siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo.
- Untuk mengetahui dampak negatif penggunaan internet bagi siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo.
- Untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap pergaulan siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo.
- Manfaat Penelitian
- Peneliti dapat memperoleh gambaran tentang pengaruh penggunaan internet bagi siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo.
- Peneliti dapat memberikan masukan pada pihak-pihak yang berkepentingan dengan internet.
- Peneliti dapat mengetahui tentang dampak positif dan negatif dalam penggunaan internet.
- Peneliti dapat memberikan sumbangan walaupun kecil kepada ilmu pengetahuan.
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
A. Pengertian
Internet
Internet adalah suatu jaringan komputer yang satu dengan yag lain yang
saling terhubung untuk keperluan komunikasi dan informasi. Sebuah komputer
dalam suatu jaringan internet dapat berada dimana saja atau bahkan diseluruh
Indonesia. Sering juga internet diartikan sebagai jaringan komputer diseluruh
dunia yang berisikan informasi dan sebagai sarana komunikasi data yang berupa
suara, gambar, video dan juga teks. Informasi ini dibuat oleh penyelenggara
atau pemilik jaringan komputer yang menitipkan informasinya kepada penyedia
layanan internet. Kegunaan internet bila kita melakukan akses di internet
banyak sekali keuntungan yang dapat kita peroleh. Berikut beberapa kegunaan
akses internet antara lain tercantum pada uraian dibawah ini, khususnya dalam
dunia bisnis sarana informasi dan komunikasi, internet juga digunakan sebagai
media komunikasi dan promosi. Internet sudah semakin popular digunakan sebagai
media komunikasi interaktif oleh berbagai pihak dalam bentuk e-mail, dukungan
pelanggan dengan “www”, videoconfercing, internet realy chat dan internat
phone. Pertukaran data dan informasi dengan sistim administrasi pemerintahan
(e-government) atau sebagai besources discovery. Untuk kebutuhan sistem
perdagangan (e-commerce) internet sangat banyak digunakan yaitu perdagangan
lewat bisnis dengan internet. Internet juga semakin intensif dalam aktivitas
perbankan, seperti untuk baking online yang memungkinkan nasabah untuk
melakukan transaksi secara online di depan komputer mereka.
B. Pengaruh
Internet Terhadap Pergaulan Remaja
Pengaruh internet terhadap pergaulan remaja dapat dilihat lewat empat
parameter, yakni, perkembangan fisik, perkembangan kognitif, perkembangan
emosional.
1. Perkembangan
fisik
Seorang remaja pada masanya mengalami perubahan-perubahan pada tubuh,
otak, kapasitas sensoris dan keterampilan motorik. Perubahan-perubahan itu
merupakan peralihan dari fisik anak-anak menuju fisik orang dewasa. Dalam hal
ini internet dapat merangsang pertumbuhan fisik remaja. Situs-situs vulgar,
cybersex yang berisi materi-materi yang berbahaya secara tidak langsung merangsang
pertumbuhan dan perkembangan seksualitas seorang remaja. Dalam hal ini peran
orangtua sangat penting untuk memberi pemahaman terhadap perkembangan
seksualitas remaja. Meskipun demikian kecanduan internet juga dapat berdampak
buruk bagi kesehatan fisik seorang remaja, bahkan dapat mengganggu perkembangan
fisiknya.
2. Perkembangan
kognitif
Para remaja sangat aktif membangun dunia kognitifnya. Mereka sudah sudah
mempunyai pola piker sendiri dalam menanggapi masalah, memilah-milah dan
mengorganisir ide-ide dan menciptakan ide baru. Internet dapat menjadi salah
satu sarana remaja memperoleh informasi serta jawaban-jawaban dari masalah yang
dihadapi internet dapat memperluas wawasan berpikir remaja. Akan tetapi apabila
seorang remaja kecanduan internet, ia menjadi terikat pada internet. Internet
terlalu dijadikan satu-satunya sumber kebenaran. Seorang remaja tidak lagi
mampu membedakan hal-hal mana yang nyata dan mana yang maya, baginya yang maya
juga nyata. Remaja menjadi kehilangan pola pikirnya sendiri.
3. Perkembangan
emosional
Masa remaja merupakan masa yang penuh gejolak bagi remaja. Ketegangan
emosi meninggi karena adanya perubahan fisik dan kelenjar, pencarian identitas
diri, serta konflik-konflik sosial. Selain itu, remaja sangat rentan terhadap
pendapat orang lain tentang dirinya. Remaja sangat mempertahankan dirinya
sendiri. Dalam diri remaja juga mulai timbul rasa cinta dan kasih sayang
terhadap orang lain, khususnya lawan jenis.
C. Macam-macam
Fasilitas Internet
1. Electronic
Mail atau E-mail
2. Discussion
Groups
3. FTP
4. Telnet
5. Gopher
6. World
Wide Web
1. Electronic
Mail atau E-mail
Email adalah surat satau pesan elektronik yang
dikirimkan dan diterima oleh dan antar idividu atau komputer. Email bekerja
seperti mesin penjawab telepon, walaupun kita sedang tidak online dengan
internet, kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia.
2. Discussion
Groups
Biasanya kita gunakan email untuk orang-orang yang sudah kita kenal
dengan baik, akan tetapi kita juga dapat gunakan email untuk saling bertukar
informasi, berdiskusi dan berdialog dengan orang ain.
3. FTP
FTP atau File Transfer Protocol, adalah layanan internet untuk melakukan
transfer file antara komputer kita dengan server di internet. Cukup banyak
server di internet yang menyediakan layanan ini, sehingga kita bisa melengkapi
file-file di server ke komputer kita, hali ini yang disebut download. Selain
itu kita juga bisa melengkapi file-file di komputer kita ke server internet,
hal ini disebut upload.
4. Telnet
Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan
menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini
disebut dengan telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita
melakukannya pada komputer di jaringan lokal.
5. Gopher
Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tersusun atas untaian meni
sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang
menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia secara
mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk kesebuah
informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan
Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
6. World
Wide Web
World Wide Web adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang
dan paling cepat perkembangan tekhnologinya. Layanan ini menggunakan hypertext
yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari
server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text dan program perangkat
lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat
World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML
(Skrip Halaman Web)
BAB
III
METODE
PENELITIAN
A. Metode
Pengumpulan Data
1. Sasaran
Penelitian
Sasaran dalam penelitian hal ini adalah semua siswa SMA Negeri 1
Slogohimo baik laki-laki ata perempuan yang menggunakan fasilitas internet.
2. Lokasi
Penelitian
Lokasi ditetapkan di SMA Negeri 1 Slogohimo Kecamatan Slogohimo,
Kabupaten Wonogiri.
3. Metode
Penelitian
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan metode deskriptif.
Metode deskriptif yaitu suatu metode dalam penelitian yang bertujuan untuk
menggambarkan suatu gejala atau peristiwa yang terjadi pada situasi sekarang.
4. Metode
Pengambilan Sampel
Metode pangambilan sample yang digunakan adalah metode berimbang
(Proposional Random Sampling) dimana peneliti terlebih dahulu mencari data
siswa yang memakai fasilitas internet. Berimbang masing-msing 10% dari siswa
yang menggunakan fasilitas internet dan 10% siswa yang tidak menggunakan
fasilitas internet. Sample tersebut berguna untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh internet terhadap pergaulan siswa SMA Negeri 1 Slogohimo.
5. Metode
Pengumpulan Data
a. Wawancara
Yaitu cara mendapatkan informasi dengan bertanya langsung kepada
responden.
b. Angket
Yaitu dengan menyebarkan daftar pertanyaan yang harus diisi oleh
responden.
6. Sumber
Data
a. Data
primer, diperoleh dari para informan dan situasi-situasi sosial melalui metode
dan cara-cara seperti yang telah dijelaskan diatas.
b. Data
sekunder, diperoleh dari catatan-catatan yang ada di lokasi penelitian.
B. Metode
Analisis Data
Metode analisis dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan yaitu
metode dengan mengambil data dari bahan pustaka yang relevan dengan bahan
penelitian. Selain dengan menggunakan metode kepustakaan, metode yang digunakan
adalah metode observasi yaitu metode dengan pengumpulan data dengan menggunakan
indera.
BAB
IV
HASL
PENELITIAN
A. Sejarah
Terciptanya Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen
Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969 melalui proyek ARPA yang disebut
ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka
mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer berbasis
UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui
saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan seberapa
besar informasi dapat dipindahkan dan akhirnya semua standar yang mereka
tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protocol baru yang sekarang dikenal
sebagai TCP/IP. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu
Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara,
University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969
dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan oktober 1972. tidak lama
kemudian proyek ini berkembang pesat diseluruh daerah dan semua universitas di
negaratersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk
mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua yaitu “MILNET” untuk
keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan
non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya
dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi
Internet.
B. Dampak
Positif Penggunaan Internet
Internet lebih banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan
sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya
internet apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negatif. Internet
sebagai media komunikasi merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan
dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya
diseluruh dunia. Media pertukaran data dengan menggunakan email, newsgroup, Hp,
dan www. Para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar
informasi dengan cepat dan murah, media untuk mencari informasi atau data,
perkembangan internet yang sangat pesat, menjadikan www sebagai salah satu
sumber informasi yang penting dan akurat, kemudahan memperoleh informasi yang
paling penting dan akurat. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet
sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi, bisa digunakan sebagai lahan
informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan dll.
C. Dampak
Negatif Penggunaan Internet
Internet kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para
remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang berteknologi mewah
dan praktis. Para pelajar yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas
ini untuk mencari hal yang aneh-aneh seperti gambar-gambar yang tidak senonoh,
atau video-video aneh yang bersifat asusila lainnya yang dapat mempengaruhi
jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri. Sehingga siswa terpengaruh dan
mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran di sekolah. Hal ini
dapat menjadi sebuah penghancur generasi muda. Remaja adaah makhluk yang rentan
terhadap perubahan disekitarnya. Dia akan mengikuti hal yang paling dominan
yang berada didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam
masa-masa remaja akan mendorong kemana arah remaja itu berjalan. Karena positif
atau negatif tergantung dari mana dia memulai.
D. Pengaruh
Penggunaan Internet Terhadap Pergaulan Siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo
Jaringan sosial ini menurut kebanyakan siswa di SMA Negeri 1 Slogohimo
merupakan hal yang harus diketahui, siswa juga mempergunakan internet sebagai
sumber untuk mencari dan mendapatkan tugas dari sekolah. Facebook, Twitter dan
Plurk merupakan contoh jejaring social yang banyak diminati kalangan pelajar.
1. Dampak
positif
a. Media
untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan
WWW sebagai salah satu sumber informasi akurat.
b. Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga siswa SMA N 1 Slogohimo bisa
mengetahui apa yang terjadi di luar
sana.
c. Sarana
sosial dengan masyarakat luas sehingga siswa di SMA N 1 Slogohimo menggunakan
internet untuk berkomunikasi dengan masyarakat luas seperti menggunakan
facebook dan twitter.
2. Dampak
negatif
a. Anggapan
yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, sebagian siswa
SMA N 1 Slogohimo menggunakannya untuk membuka situs-situs pornografi dan
mendownloadnya.
b. Dapat
membuat orang kecanduan, terutama yang menyangkut ponografi dan siswa dapat
menghabiskan uang jajannya karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
c. Siswa
jadi malas belajar karena ketagihan dengan berbagai macam jaringan sosial.
Cara menanggulangi dampak negatif dari internet:
- Orang tua hendaknya ikut serta mengawasi dan memberi pengertian/arahan kepada anak supaya memanfaatkan internet untuk kegiatan yang positif.
- Pemerintah seharusnya memberi kritik dan saran maupun masukan kepada penyedia layanan internet agar menutup situs-situs yang berdampak negatif bagi remaja dan pelajar.
- Diharapkan agar pihak penyedia layanan internet menyajikan situs-situs yang mendidik para remaja dan pelajar dan menutup situs-situs yang berbau pornografi dan kekerasan.
E. Angket
Dalam laporan penelitian ini saya mempergunakan angket untuk mengetahui
pernyataan tentang internet terutama dikalangan pelajar dan angket yang saya
buat yaitu sebagai berikut :
1. Apakah kamu mengenal internet ?
2. Apakah kamu kesulitan dalam mengoperasiakan internet ?
3. Seberapa sering kamu menggunakan internet ?
4. Berapa lama kamu harus di depan komputer setiap menggunakan internet ?
5. Dimanakah kamu sering menggunakan internet ?
6. Situs apa sajakah yang sering kamu jelajahi ?
7. Manfaat apa saja yang kamu dapatkan dari internet ?
8. Apakah internet sekarang sudah menjadi salah satu kebutuhanmu?
2. Apakah kamu kesulitan dalam mengoperasiakan internet ?
3. Seberapa sering kamu menggunakan internet ?
4. Berapa lama kamu harus di depan komputer setiap menggunakan internet ?
5. Dimanakah kamu sering menggunakan internet ?
6. Situs apa sajakah yang sering kamu jelajahi ?
7. Manfaat apa saja yang kamu dapatkan dari internet ?
8. Apakah internet sekarang sudah menjadi salah satu kebutuhanmu?
Dari pernyataan
pelajar yang telah mengisi angket yang saya buat, saya dapat membuat analisis
sebagai berikut :
1. Pelajar yang mengenal internet sebesar :
1. Pelajar yang mengenal internet sebesar :
10/10 × 100 % =
100 %
2. Pelajar yang tidak kesulitan
dalam pengoperasian internet sebesar :
8 /10 × 100 % =
80 %
3. Pelajar yang paling sering menggunakan internet 1 kali dalam seminggu sebesar :
3. Pelajar yang paling sering menggunakan internet 1 kali dalam seminggu sebesar :
5/10 × 100 % =
50 %
4. Pelajar yang mengahabiskan waktu untuk berinternet Selama 2 jam sebesar :
6/10 × 100 % =
60 %
5. Pelajar yang mengoperasikan internet di warnet sebesar :
5. Pelajar yang mengoperasikan internet di warnet sebesar :
7/10 × 100 %= 70
%
6. Pelajar yang lebih sering menjelajahi situs Google sebesar :
6. Pelajar yang lebih sering menjelajahi situs Google sebesar :
7/10 × 100 % =
70 %
7. Pelajar yang mendapatkan manfaat dari internet yaitu menambah informasi terbaru sebesar :
7. Pelajar yang mendapatkan manfaat dari internet yaitu menambah informasi terbaru sebesar :
10/10 × 100 % =
100 %
8. Pelajar yang telah menganggap internet sebagai salah satu kebutuhan mereka sebesar :
8. Pelajar yang telah menganggap internet sebagai salah satu kebutuhan mereka sebesar :
9/10 × 100 % =
90 %
Rincian
pernyataan atau jawaban dari beberapa pelajar yang telah mengisi angket saya :
a. Pelajar pertama
a. Pelajar pertama
1. Ya.
2. Tidak.
3. 5 kali dalam sehari.
4. 1 jam.
5. Rumah.
6. Friendster,blog, web site, Yahoo Messenger.
7. a. Dapat melihat nilai tugas sekolah.
2. Tidak.
3. 5 kali dalam sehari.
4. 1 jam.
5. Rumah.
6. Friendster,blog, web site, Yahoo Messenger.
7. a. Dapat melihat nilai tugas sekolah.
b. Menambah
teman.
c. Menambah wawasan.
c. Menambah wawasan.
8. Ya ,namun
terkantung kebutuhan.
b. Pelajar kedua
1.
Ya.
2. Tidak.
3. Semiggu sekali.
4. 2 jam.
5. Hp dan waenet.
6. Google, friendster,blog,game online.
7. a. Menambah wawasan pendidikan .
2. Tidak.
3. Semiggu sekali.
4. 2 jam.
5. Hp dan waenet.
6. Google, friendster,blog,game online.
7. a. Menambah wawasan pendidikan .
b. Menambah keakrapan teman.Ya karena sekarang adalah
zaman modernisasi yang semuanya serba cepat jadi internet sangatlah dibutuhkan
c. Pelajar ketiga
1. Pasti.
2. Tidak.
3. 3 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Rumah.
6. Friendster.
7. a. Sebagai hiburan.
2. Tidak.
3. 3 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Rumah.
6. Friendster.
7. a. Sebagai hiburan.
b. Menambah
wawasan.
c. Menambah teman .
c. Menambah teman .
8. Ya, karena
banyak tugas dari sekolah yang membutuhkan internet.
d. Pelajar keempat
1. Ya.
2. Tidak.
3. 4 kali dalam seminggu.
4. 1 ½ jam – 1 jam.
5. Warnet.
6. Friendster,google.
7. a. Mendapat banyak teman.
2. Tidak.
3. 4 kali dalam seminggu.
4. 1 ½ jam – 1 jam.
5. Warnet.
6. Friendster,google.
7. a. Mendapat banyak teman.
b.Memperoleh
banyak informasi.
8. Ya , karena
kecanduan.
e. Pelajar kelima
1. Ya.
2. Tidak.
3. 3 kali dalam seminggu.
4. 1 ½ jam - 1 jam.
5. Warnet.
6. Google.
7. a. Menambah teman.
2. Tidak.
3. 3 kali dalam seminggu.
4. 1 ½ jam - 1 jam.
5. Warnet.
6. Google.
7. a. Menambah teman.
b. Menambah
Pengetahuan.
8. Ya ,karena
tugas dari sekolah banyak yang menggunakan internet.
f. Pelajar keenam
1 Ya.
2 Tidak.
3 3 kali dalam seminggu.
4 2 jam.
5 Warnet.
6 Friendster.
7 a. Mendapat informasi.
2 Tidak.
3 3 kali dalam seminggu.
4 2 jam.
5 Warnet.
6 Friendster.
7 a. Mendapat informasi.
b. Menambah
banyak teman.
8. Ya, karena
tugas sekolah banyak yang menggunakan internet.
g. Pelajar ketujuh
1. Ya.
2. Sedikit kesulitan.
3. 1 – 2 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Warnet.
6. Friendster,google.
7. a. Menambah teman.
2. Sedikit kesulitan.
3. 1 – 2 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Warnet.
6. Friendster,google.
7. a. Menambah teman.
b. Menambah
wawasan.
8. Ya , karena
banyak tugas sekolah yang membutuhkan internet.
h. Pelajar kedelapan
1. Ya.
2. Tidak.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Warnet.
6. Google.
7. a. Menambah wawasan,
2. Tidak.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Warnet.
6. Google.
7. a. Menambah wawasan,
b. Mendapat
informasi yang terbaru .
8. Ya, karena
dengan internet lebih mudah dan cepat informasinya.
i. Pelajar Kesembilan
1. Ya.
2. Tidak.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 45 menit – 1 jam.
5. Warnet.
6. Google
7. a. Menambah teman.
2. Tidak.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 45 menit – 1 jam.
5. Warnet.
6. Google
7. a. Menambah teman.
b. Menambah
informasi dan ilmu
8. Ya, karena di
internet informasinya sangatlah berragam dan lebih efisien.
j. Pelajar kesepuluh
1. Ya.
2. Ya.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 3 jam.
5. Warnet.
6. Google dan You-tube.
7. a. Menambah teman.
2. Ya.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 3 jam.
5. Warnet.
6. Google dan You-tube.
7. a. Menambah teman.
b. Mendapat
informasi yang tidak ada di buku.
8. Tidak karena
lebih mudag nyari di buku.
BAB
V
PENUTUP
Penulis mengetahui betapa besarnya peran internet bagi pelajarsehingga
penulis berusaha untuk mengungkap tentang berbagai dampak dan manfaat dari
pengaruh penggunaan internet terhadap aktivitas dan mentalitas pelajar. Namun
penulis menyadari bahwa dalam pembuatan karya tulis ini masih ada
kekurangan-kekurangan sehingga hasilnya kurang dari kesempurnaan dan mungkin
kurang memuaskan bagi para pembaca. Hal ini disebabkan keterbatasan kemampuan
dari penulis, oleh karena itu sebelumnya penulis minta maaf. Serta penulis
mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam
penyusunan karya tulis ini sebab masih terdapat kekurangan dan kesalahan dalam
penulisan karya tulis ini, maka penulis akan menerima adanya kritik dan saran
dari pembaca yang berguna untuk membangun kesempurnaan penulisan karya tulis
ini.
Mudah-mudahan karya tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk
menambah pengetahuan khususnya bagi mereka yang ingin memperluas pengalaman
tentang berbagai pengaruh dari adanya perkembangan internet terhadap aktivitas
belajar dan juga mentalitas pelajar.
A. Kesimpulan
Setelah penulis mengadakan penulisan tentang pengaruh penggunaan internet
terhadap siswa di SMA N 1 Slogohimo maka penulis menyimpulkan sebagai berikut :
- Dengan kita melihat internet kita dapat memperoleh bermacam-macam hiburan informasi dan lain-lain.
- Internat juga mempunyai manfaat yang penting khususnya para pelajar dan masyaraat pada umumnya, sebab internet akan dapat menambah pengetahuan yang sangat luas.
- Internet mempunyai beberapa dampak positif dan negatif.
B. Saran
Dari hasil pembuatan karya tulis ini penulis dapat memberikan beberapa
saran sebagai berikut ini yaitu :
1. Dengan
adanya internet hendaknya kita wajib bersyukur karena dengan menggunakan
internet kita mengetahui bermacam-macam berita dan informasi yang lain, tetapi
hendaknya kita waspada terhadap internet yang mampunyai dampak negatif sebab
dampak negatif dapat berakibat buruk bagi kita sendiri.
2. Internet
juga dapat untuk menambah pengetahuan yang luas, tetapi hendaknya kita dapat
mengatur waktu atau membagi waktu agar kita dapat menyelesaikan pekerjaan atau
tugas kita dengan baik dan tepat waktu walaupun internet itu sangat menarik
serta sebaiknya kita jangan menunda tugas serta kewajiban kita dalam kehidupan
sehari-hari.
3. Sebagai
pelajar seharusnya kita dapat membagi waktu dan tidak mudah terpengaruh pada
internet yang kurang baik untuk ditiru maka sebaiknya kita dapat menilai mana
yang baik untuk kita tiru dan yang harus kita hindari.
Selain saran-saran yang diberikan oleh penulis juga terdapat saran dari
salah satu pihak yang juga sangat
berperan dalam hal tersebut diatas :
1. Saran
pemerintah
Pemerintah hendaknya memberikan anjuran yang terbaik bagi masyarakat
khususnya bagi pelajar. Pemerintah seharusnya memberikan kritik dan saran
maupun masukan pihak penyedia layanan internet agar internet menampilkan dan
menyajikan situs-situs yang bermanfaat bagi kita.
2. Saran
orang tua
Sebagai orang tua sebaiknya kita dapat mengetahui segala sesuatu yang
sedang dilakukan oelh anak misalnya anak sedang menggunakan internet hendaknya
kita harus ikut serta mengewasi secara langsung maupun tidak langsung apa yang
mereka buka di internet. Salah satu situs internet menyajikan pornografi,
sebaiknya kita melarang anak untuk membuka situs tersebut agar anak tersebut
tidak melihat situs tersebut karena tidak sesuai dengan umur mereka. Sebab
setelah melihat situs internet internet yang kurang mendidik itu biasanya anak
tidak segan-segan untuk meniru adegan-adegan yang mereka lihat (saksikan). Hal
itu akan dapat berpengaruh pada diri mereka.
DAFTAR PUSTAKA
http://duniabaca.com/pengaruh-internet-manfaat-internet-serta-dampak-positif-dan-negatif-internet-bagi-penggunanya.html
http://edukasi.kompasiana.com/2012/02/06/pengaruh-internet/
http://teknologi.kompasiana.com/internet/2012/02/03/pengaruh-internet-untuk-pelajar/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet