BAB
I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Facebook adalah website jaringan social dimana para pengguna dapat
bergabung dalam komunitas seperti kota ,
kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan
orang lain.
Tidak bisa dipungkiri bahwa pengguna situs jejaring social facebook
merupakan yang paling banyak penggunanya dibandingkan situs pertemanan yang
lain. Sehingga memungkinkan orang untuk menggunakan untuk keperluan apa saja.
Fungsi dan kegunaan facebook yang paling mendasar adalah untuk mencari
dan menjalin pertemanan antara pengguna dunia maya, tetapi seiring berjalannya
waktu, facebook bisa digunakan untuk apa saja seperti apa saja yang saya
ketahui :
1. Sekedar
chating dan menghabiskan waktu luang.
2. Untuk
menambah teman sebanyak-banyaknya
3. iseng-iseng
narsis dengan menampangkan fotonya di profile
4. Bisnis
online, untuk yang satu ini bisa saja dan sekarang makin sering digunakan oleh
para marketing.
5. Maen
game, banyak game di facebook yang paling sering dimainkan yaitu Mafia Wars dan
Holdem Zynga Poker kemudian ada lagi perang genk, dan Farmville dan masih
banyak lagi game-game facebook yang bisa dinikmati.
6. Untuk
modus kejahatan penipuan dan penculikan.
Sekarang di zaman yang modern ini banyak kalangan yang menggunakan
facebook di kehidupan sehari-harinya terutama pada kalangan remaja. Mereka
sangat menggemari dunia maya untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang jauh
keberadaannya maupun mencari teman baru yang diinginkan. Namun, mereka belum
begitu faham akan dampak-dampak yang ditimbulkan dari adanya facebook.
Berdasarkan pertimbangan di atas maka penulis tertarik untuk mengadakan
penelitian dengan judul “Perubahan Sikap Remaja Dengan Adanya Facebook di Kalurahan
Karang, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri”.
- Pembatasan Masalah
Penelitian ini agar lebih terarah dalam pembahasannya maka penulis akan
membatsi tentang Perubahan Sikap Remaja dengan Adanya Facebook di Kalurahan
Karang, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.
- Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan yang telah diposkan pada latar belakang masalah,
maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1. Bagaimana
sejarah facebook ?
2. Apa
saja fasilitas yang terdapat pada facebook ?
3. Apa
tujuan Penggunaan facebook ?
4. Apa
pengaruh penggunaan facebook terhadap perubahan sikap remaja di kalurahan
Karang ?
5. Apa
dampak Positif dan negatif dari
penggunaan facebook ?
- Tujuan Penelitian
1. Tujuan
Umum Penelitian :
a. Agar
siswa dapat melakukan penelitian social sederhana
b. Sebagai
persyaratan mengikuti Ujian Nasional SMA Negeri 1 Slogohimo
c. Dapat
dijadikan bahan pertimbangan bagi penelitian serupa
2. Tujuan
Khusus
a. Untuk
mengetahui sejarah facebook
b. Untuk
mengetahui fasilitas yang terdapat pada facebook
c. Untuk
mengetahui tujuan penggunaan facebook
d. Untuk
mengetahui pengaruh penggunan facebook terhadap perubahan sikap remaja.
e. Untuk
mengetahui dampak positif dan negatif dari penggunaan facebook.
- Manfaat Penelitian
1. Peneliti
dapat memperoleh pengetahuan tentang sejarah facebook
2. Peneliti
dapat mengetahui tentang fasilitas yang terdapat pada facebook
3. Peneliti
dapat mengetahui tujuan penggunaan facebook
4. Peneliti
dapat mengetahui pengaruh penggunaan facebook terhadap perubahan sikap remaja
5. Peneliti
juga dapat mengetahui dampak positif dan negatif dari penggunaan facebook.
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
A. Pengertian
Facebook
Facebook adalah sebuah jejaring social dan situs web yang diluncurkan
pada februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh facebook. Pada januari
2011, facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat
membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar
pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.
Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan
tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau
karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan
kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi Universitas di
AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook
memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar
di situs ini.
B. Perubahan
Sikap Remaja Dengan Adanya Facebook
Perubahan sikap remaja dengan adanya facebook yaitu :
1. Kecanggungan
dalam pergaulan dan ketakutan dalam gerakan.
2. Ketidakstabilan
emosi.
3. Adanya
sikap menentang dan menantang orang tua.
4. Adanya
perasan kosong akibat perombakan pandangan dan petunjuk hidup.
5. Pertentangan
di dalam dirinya sering menjadi pangkal penyebab pertentangan-pertentangan
dengan orang tua.
6. Kegelisahan
karena banyak hal yang diinginkan tetapi remaja tidak sanggup memenuhi
semuanya.
7. Senang
bereksperimentsi.
8. Senang
bereksplorasi.
9. Mempunyai
banyak fantasi, khayalan, dan bualan.
10. Kecenderungan
membentuk kelompok dan kecenderungan kegiatan kelompok.
Data
Frekuensi Pemanfaatan Jejaring Sosial Facebook di Kalurahan Karang
No
|
NAMA
KARANG TARUNA
|
FREKUENSI
|
PRESENTASE
|
|
HARI
|
BULAN
|
|||
1.
|
Karang/Karang
Mas
|
8
|
240
|
27%
|
2.
|
Kecik/Kerana
|
6
|
180
|
20%
|
3.
|
Dawung/Kurada
|
12
|
360
|
40%
|
4.
|
Badran/Bakartuna
|
4
|
120
|
13%
|
BAB
III
METODOLOGI
PENELITIAN DAN ANALISIS
A. Metodologi
Penelitian
1. Sasaran
Penelitian
Sasaran dalam penelitian ini adalah remaja Kalurahan Karang
2. Lokasi
Penelitian
Lokasi ditetapkan di Kalurahan Karang, Kecamatan Slogohimo
3. Metode
Penelitian
Dalampenelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan metode deskriptif.
Metode deskriptif adalah suatu metode dalam penelitian yang bertujuan untuk
menggambarkan suatu gejala atau peristiwa yang terjadi pada situasi sekarang.
4. Metode
pengambilan Sempel
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sample bertujuan
(purposeful). Dimana peneliti hanya mengambil sample orang-orang tertentu
(remaja) yang dianggap memiliki informasi.
5. Metode
Pengumpulan data
a. Wawancara
Yaitu cara mendapatkan informasi dengan bertanya langsung pada responden.
b. Observasi
Yaitu cara pengumpulan data dengan pengamatan langsung.
6. Sumber
Data
a. Data
Primer, diperoleh dari para informan dari situasi-situasi social melalui metode
dan cara-cara seperti yang telah dijelaskan di atas.
b. Data
Sekunder, diperoleh dari catatan-catatan yang terdapat dalam suatu situs dan
para informan serta instansi terkait.
B. Metode
Analisis
Metode analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisa
deskriptif dengan menampilkan table-tabel prosentasi dan distribusi frekuensi.
Menurut effendi dan Cris Manning, disebutkan bahwa distribusi frekuensi
berfungsi untuk menggambarkan karakteristik sample penelitian (Masri
Singarimbun, 1909). Penggunaan table-tabel prosentase dari distribusi frekuensi
dalam penelitian ini juga dimaksud untuk memudahkan dalam menganalisa dan
membacanya sehingga membantu memperjelas hasil penelitian ini.
BAB
IV
PEMBAHASAN
HASIL PENELITIAN
A. Sejarah
Facebook
Sejarah facebook berawal ketika Mark Zuckerberg membuat sebuah situs
kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari
situs Hot or Not menamai situs buatannya Facemash.com. metode situs ini yaitu
menampilkan dua foto pasangan pria dan wanita, dimana selanjutnya dua pasangan
ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling hot. Untuk
menampilkan foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala cara
mencari foto-foto rekannya dengan cara door-to-door untuk meminta foto. Saking
nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk
mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan
mereka selanjutnya memblokir situs facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi
kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus. Atas tindakan
itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan pihak kampus yang
memblokir situs facemash.com memang benar alasannya, namun saying mereka tidak
menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas kampus
itu sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga aka nada orang lain
yang membuat situs serupa”.
Pada smester berikutnya, pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat
situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL :
http://www.thefacebook.com. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar
sarkas : “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat media bertukar
informasi antar civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal
yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu
seminggu saja. Saat pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di
kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan
para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Havard
saat itu. Selanjutnya sejumlah rekan Zuckberg turut bergabung memperkuat tim
thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverim (analisis usaha), Dustin
Moskovitz (Programmer), Andrew Mc Collum (desainer grafis), dan Chris Hughes.
Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston , AS dan juga ke
sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia ,
Yale dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunanya
di hamper semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, Mc Collum
dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo
Aito , California . Di
sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D’Angelo dan Sean Parker. Pertengahan
2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri
Pay Pal, Pieter Thiel.
Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntukan dana hasil join venture
dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi
membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak
saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi
menjadi facebook.com. Awal tahun 2006, facebook mencapat suntikan dana USD 25
juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Portners, dan Meritech Capital
Partners. Bulan Mei tahun yang sama facebook mulai merambah benua asia melalui India . Di
pertengahan tahun, giliran Israel
dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, facebook merubah status
registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email valid di
seluruh dunia. Bulan September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6%
saham facebook senilai USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga tercakup
kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di
Facebook. Melihat langkah inisejumlah pemain raksasa lain seperti Google,
Viacam, Friendster juga mengungkapka minat mereka untuk berinvestasi di
Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahco telah menawarkan tawaran akuisisi
senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-Shing
menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook. Pada Agustus 2008, majalah
Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di
Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 5 miliar.
B. Fitur
yang Terdapat Pada Facebook
Facebook memiliki sejumlah fitur interaksi antar sesame pengguna yang
diantaranya adalah fitur wall/dinding, ruang tempat sesame pengguna mengirimkan
pesan-pesan terbuka, poke/colek, sarana untuk saling mencolek sesame virtual,
photos/foto, ruang untuk memasang foto, dan status yang menampilkan kondisi/ide
terkini pengguna. Mulai Juli 2007 facebook mengizinkan pengguna untuk mengirim
berbagai lampiran (tautan, aplikasi) langsung ke wall/dinding, dimana
sebelumnya yang diizinkan hanya teks saja.
Seiring perjalanan waktu, facebook menambahkan beberapa fitur baru ke
dalam situsnya. Pada September 2006, facebook mengumumkan peluncuran news
feed/rangkaian kabar berita yang berisi kilasan informasi dari masing-masing
pengguna. Mulanya fitur ini bersifat terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja.
Namun setelah mendapat keluhan dari beberapa pengguna, pihak facebook merubah
pengaturan fitur ini sehingga kini pengguna dapat mengatur mana yang bisa
ditampilkan di news feed/rangkaian kabar berita dan mana yang tidak.
Fitur catatan/notes ditambahkan pada 22 Agustus 2006. dalam fitur ini
pengguna bisa mengimpor tulisannya dib log lain (Xanga, Livejournal,Blogger)
untuk ditampilkan di facebook. Tanggal 7 April 2008, facebook meluncurkan salah
satu fitur favorit yaitu Chat/Obrolan, tempat dimana para pengguna bisa saling
berkirim pesan pribadi secara langsung dari real time.
Fitur Gift/Hadiah dimulai pada 8 Februari 2007. fitur ini adalah fitur
untuk saling berkirim hadiah. Hadiah bisa dibeli dengan harga USD 1 dan
ditambahkan pesan pribadi. Tanggal 14 Mei 2007, facebook memperkenalkan
Marketplace yang mengizinkan pengguna untuk beriklan secara gratis. Fitur
beriklan gratis ini dibuat untuk menyaingi fitur serupa yang diperkenalkan oleh
Craiglist. Juli 2008, facebook merapikan tampilan situs sehingga setiap
kategori (dinding, info, foto, dll) memiliki tab-tab terpisah. Mulai maret
2009, facebook merapikan tampilan Home/Beranda.
Platform pada 24 Mei 2007, facebook mempromosikan facebook platform. Ini
adalah sarana bagi para pengembang software untuk menciptakan aplikasi yang
bisa digunakan di facebook. Langkah ini segera disambut oleh para pengembang
software sehingga 25 Maret 2009 tercatat ada 52.000 aplikasi dengan jumlah
pengembang sebanyak 660.000 pihak.
C. Tujuan
Penggunaan Facebook
Tujuan
penggunaan facebook bagi remaja adalah sebagai berikut :
1. Mempermudah
sarana komunikasi dan informsi
2. Sekedar
chating dan menghabiskan waktu luang.
3. UUUntuk
menambah teman sebanyak-banyaknya.
4. Iseng-iseng
narsis dengan menampangkan fotonya di profile.
5. Main
game di facebook, yang paling sering dimainkan yaitu Mafia Wars dan Holdem Zynga
poker kemudian ada lagi perang genk, dan Farmville dan masih banyak lagi
game-game facebook yang bisa dinikmati pengguna facebook terutama bagi remaja.
D. Pengaruh
Penggunaan Facebook Terhadap Perubahan Sikap Remaja di Desa Karang
Facebook merupakan jaringan sosial yang sangat popular saat ini, terlihat
dari banyaknya jumlah orang yang menggunakan dan memanfaatkan jejaring ini, tak
terkecuali remaja di Desa Karang. Banyak remaja yang menggunakan jejaring ini
tidak hanya untuk mencari teman, tetapi juga untuk hiburan, terlebih banyaknya
aplikasi yang bersifat menghibur, seperti Poker, Farmville, Maviawars, Pet
Society, Restaurant city, dan lainnya. Dari fitur/aplikasi yang disediakan oleh
jejaring ini, memiliki pengaruh ataupun dampak bagi para penggunannya, mulai
dari yang baik hingga yang buruk terutama pada remaja. Pengaruh negative yang
ditimbulkan antara lain :
1. Bersifat
kecanduan.
2. Membuat
malas untuk bersosialisasi secara langsung (tatap muka)
3. Membuat
pengguna menjadi boros
4. Menurunnya
prestasi belajar.
Presentase
Penggunaan Jejaring Sosial Facebook terhadap Remaja di Karang Taruna Kalurahan
Karang
No
|
NAMA
KARANG TARUNA
|
JUMLAH
PENGGUNA
|
PRESENTASE
KENAIKAN
|
|
DULU
|
SEKARANG
|
|||
1.
|
KARANG/KARANG
MAS
|
7
|
21
|
28%
|
2.
|
KECIK/KERANA
|
5
|
19
|
20%
|
3.
|
DAWUNG/KURADA
|
9
|
27
|
36%
|
4.
|
BADRAN/BAKARTUNA
|
4
|
20
|
16%
|
Tabel
Perubahan Sikap Remaja di Karang Taruna se Kalurahan Karang dengan Adanya
Facebook
No
|
NAMA
KARANG TARUNA DI WILAYAH DUSUN
|
SIKAP
|
|
DULU
|
SEKARANG
|
||
1.
|
KARANG/KARANG MAS
|
-
Bersikap ramah dengan orang sekitar
-
Pergaulan dibatasi norma
-
Hal-hal yang berbau porno dianggap tabu
|
-
Tidak peduli dengan sekitarnya
-
Pergaulan semakin bebas
-
Hal-hal yang berbau porno dianggap bebas
|
2.
|
KECIK/KERANA
|
-
Masih ada waktu untuk belajar
-
Hemat
|
-
Tidak ada waktu untuk belajar
-
Boros
|
3.
|
DAWUNG/KURADA
|
-
Rajin Beribadah
-
Adat istiadat masih ada
|
-
Malas beribadah
-
Adat istiadat mulai ditinggalkan
|
4.
|
BADRAN/BAKARTUNA
|
-
Etika masih dijunjung kesopanan
-
|
-
Etika mulai ditinggalkan
-
|
E. Dampak
Positif dan Negatif Penggunaan Facebook di Kalangan Remaja Kalurahan Karang
Dampak Positif :
1. Mempererat
silaturahmi
2. Mengetahui
potensi diri
3. Tempat
curhat
4. Sarana
diskusi
5. Untuk
media menyimpan foto keluarga dan foto kenangan bersama teman
Dampak Negatif :
1. Mengungkap
kehidupan pribadi
2. Banyak
waktu yang terbuang sia-sia dan tidak bermanfaat
3. Penurunan
dalam belajar
4. Berkurangnya
silaturahmi
5. Memicu
pergaulan bebas yang tanpa batas
6. Kehilangan
waktu tidur dalam waktu lama, menyebabkan kantuk berkepanjangan, sulit
berkonsentrasi, dan depresi dari sistem kekebalan
7. Memicu
gangguan tulang akibat kekurangan Vitamin D yang bisa membuat tulang mudah
rapuh.
8. Beresiko
terjadinya beberapa penyakit fisik karena terlalu lama duduk dan memegang
mouse. Seperti sakit punggung dan nyeri sendi.
BAB
V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan
pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Perkembangan
facebook sengat ditunjang oleh kualitas sumber daya manusia yang sangat
partisipatif.
2. Sejumlah
fsilitas seperti fitur wall/dinding, newsfeed, catatan/notes yang ada dalam
facebook sangat berguna bagi para pengguna dalam berkomunikasi dengan pengguna
lain.
3. Tujuan
penggunaan facebook yang paling penting bagi masyarakat umum adalah sarana
komunikasi interaktif.
4. Pengaruh
negatif yang ditimbulkan dari penggunaan facebook bagi remaja di desa Karang
yaitu : remaja menjadi kecanduan, menurunkan prestasi pelajar remaja.
5. Dampak
positif dan negative yang ditimbulkan dari penggunaan internet memicu timbulnya
berbagai konflik di masyarakat seperti : perceraian, tindakan criminal, dan
yang menantang hukum.
B. Saran
1. Dalam
penggunan facebook pengguna harus lebih cermat untuk memperhatikan perkembanyan
facebook yang semakin menggelobal.
2. Sebaiknya
fasilitas sarana dan prasarana dalam facebook ditambah, mengingat fasilitas
tersebut sangat bermanfaat bagi pengguna.
3. Agar
komunikasi berjalan dengan lancer pengguna harus lebih hati-hati dalam
menggunakan internet.
4. Sebaiknya
orang tua memberikan pengarahan dan pendekatan persuatif kepada anaknya agar
dalam menggunakan facebook mereka tidak lupa waktu dan mengganggu aktivitas
belajar, sehingga prestasi mereka tidak menurun.
5. Pengguna
sebaiknya ketika akan menggunakan facebook, melihat sisi positif dan negatif
terlebih dahulu supaya mereka mendapatkan manfaatnya.
DAFTAR
PUSTAKA
http://masdinsite.info/2010/06/dampak-facebook-terhadap-kehidupan-sosial/
(Diunduh tanggal 23 April 2012)
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/05/21/91871/Dampak-Facebook-Go-Public-Bagi-Pengguna/13
(Diunduh tanggal 25 April 2012)
http://bimacetta.wordpress.com/2012/02/06/dampak-facebook-dan-twitter/
(Diunduh tanggal 25 April 2012)
(Diunduh tanggal 1 Mei 2012)
http://uniqpost.com/26943/7-fitur-facebook-yang-ada-di-dunia-nyata/
(Diunduh tanggal 1 Mei 2012)
http://www.tasikisme.com/index.php?option=com_content&view=article&id=6260:fitur-facebook-terbaru-2011-email-facebook&catid=48:facebook&Itemid=73
(Diunduh tanggal 1 Mei 2012)
http://www.facebook.com/note.php?note_id=122448401127072
(Diunduh tanggal 3 Mei 2012)
http://id.wikipedia.org/wiki/Fitur_Facebook
(Diunduh tanggal 3 Mei 2012)