ALL LOGO

ALL LOGO

Rabu, 21 Desember 2011

Minat Pasar Tinggi
Sebuah lembaga kesehatan formal di Beijing bernama Lembaga Materia Medica, dalam jurnal penerbitan ilmiah sejak tahun 1950 banyak menulis masalah multiguna dan manfaat yang besar dari lingzhi, antara lain:
(1) Dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita diabetes mellitus (kencing manis). Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa asam ganoderik, ganodermin dsb. (2) Dapat mencegah kanker, karena asam ganodermik serta ganodermin beserta senyawa-senyawa lainnya yang disebut grup kompleks polisakarida, selain dapat merangsang pertumbuhan sel T-helper juga "menghancurkan" sel yang sudah terinfeksi.
(3) Menurunkan tekanan darah yang berlebihan, di samping menurunkan kandungan kolesterol di dalam darah, yang disebabkan oleh senyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya. Maka tidak perlu heran, kendati makanan orang China dan Jepang banyak mengandung kadar lemak yang berlebihan namun dengan adanya senyawa dalam jamur lingzhi, dapat diantisipasi sedini mungkin. (4) Kemampuan menormalkan kembali "blood disorder", "chronic fatigue-syndrome, "liver degeneration" dsb.
(5) Menjadi perangsang, dan meningkatkan gairah seks serta kekebalan tubuh. Khusus untuk gairah seksual, dikenal di China dengan ramuan "Sup kaisar dengan 1.000 selir" bukan rahasia lagi di kawasan RRC banyak diincar oleh konsumen. (6) Digunakan untuk memulihkan kembali kondisi kebugaran dan kesehatan yang baru sembuh dari penyakit.
Dalam upaya pengembangan lingzhi untuk pengobatan ini, lembaga penelitian yang terkait dengan kanker serta penyakit berbahaya lainnya, baik di Amerika Serikat, RRC, dan Jepang, sejak 15 tahun yl. telah meningkatkan kegiatan dalam berbagai aspek penggunaan lingzhi, untuk menghambat dan menyembuhkan penyakit menular, khususnya kanker dan HIV/AIDS serta penyakit berbahaya lainnya.
Maka tak heran, banyak negara yang merespon positif terhadap lingzhi, termasuk negara di kawasan Timur Tengah. Kendati di negeri mereka tidak membudidayakan lingzhi, namun minatnya terhadap ramuan ini sangat tinggi.
Untuk kebutuhan konsumsi dalam negeri saja, sebagai bahan "Fitopharmaka" masih dibutuhkan puluhan ribu log jamur lingzhi. Bahkan beberapa di antaranya, ada yang mengembangkan sistem hubungan kemitraan plasma-inti untuk mengisi pasar lokal yang permintaannya saat ini tidak terbatas.-


Budidaya Lingzhi
DALAM pengembangan budidaya jamur lingzhi, memang sangat berbeda dengan jamur tiram atau kuping. Menurut beberapa petani jamur lingzhi yang dihubungi "MB", lingzhi memerlukan penanganan yang terampil dan ketekunan. Kalau diibaratkan bayi, ia adalah seorang bayi yang lahir prematur, sehingga perlu penanganan khusus dan hati-hati agar bayi itu lahir mulus. Kalau tidak demikian, jangan diharap budidaya lingzhi bisa berkembang.
Ada beberapa petunjuk teknik, agar memelihara jamur lingzhi bisa sukses al:
Pertama, siapkan lokasi yang sesuai dengan habitat jamur lingzhi. Jamur lingzhi tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 400 - 6.700 m dpl. Curah hujan rata-rata 2.000-2.500 mm/tahun. Lama penyinaran matahari optimal 5-7 jam per hari. Suhu harian 25 - 30 derajat celsius, sedang kelembaban udara (Rh) 80% - 90%.
Kedua, sarana yang perlu dipersiapkan al: ruang laboratorium, alkohol 100 persen, kertas lakmus, pinset, lampu, drum pasteurisasi, dapur, kantong plastik, dan rumah jamur serta rak pemeliharaan, yang bisa dibuat dari bambu berukuran 3 m x 1 m. Ketiga, bahan media tanam jamur lingzhi ialah serbuk gergaji.
Syarat serbuk gergaji yang baik ialah: tidak mengandung minyak atau getah, tidak terkontaminasi oli dan kering. Petani lingzhi, banyak mempergunakan serbuk kayu albasia. Media ini sangat cocok, untuk media tanam disebabkan mudah lapuk. Jenis kayu yang lambat pelapukannya ialah, mahoni, jati, karet, dan rasamala.
Serbuk gergaji harus kering. Masukkan bahan tambahan berupa dedak halus, tepung jagung, dedak gandum, kapur (Ca CO3), gips, TSP. Tujuan penambahan bahan ialah untuk meningkatkan nutrisi dan media jamur.
Keempat, dalam pembuatan media tanam, perhatikan beberapa petunjuk ini: (a) Serbuk gergaji 80%, dedak halus 15%, tepung jagung 5%, kapur 4%, TSP 1%. (b) Serbuk gergaji 80%, katul 5%, polard 5%, kalsium karbonat 5%, kalsium sulfat 5%. (c) Serbuk gergaji 100 kg, dedak halus 10 kg, gips 1,5 kg, kalsium karbonat 0,5 kg, TSP 0,5 kg. (d) Serbuk gergaji 100 kg, kapur 1 kg, gips 0,6 kg, urea 0,3 kg, TSP 0,5 kg.
Setelah tercampur, selanjutnya diberi air dan aduklah hingga rata. Untuk 100 kg serbuk gergaji keringnya pada umumnya petani menggunakan 2 ember air.
Proses Pelapukan
Kelima, lakukan pengomposan yang bertujuan untuk mempercepat proses pelapukan serbuk gergaji, dengan cara menutup seluruh bagian kompos dengan plastik atau bisa juga dengan karung goni. Lama pengomposan berlangsung 3 hari. Suhu bagian tengah media kompos, dapat mencapai 70 derajat celsius. Selama proses pengomposan berlangsung, tumpukan bahan dibalik 3-4 kali.
Keenam, media tanam dimasukkan ke dalam kantung plastik polipropilen tahan panas, berukuran 12 cm x 15 cm, 15 cm x 30 cm. Selanjutnya media tanam dipadatkan dengan mesin pres. Kantong diisi 3/4 bagian saja. Plastik karet ditutup dengan kapas dan diberi ring dari pipa PVC atau potongan bambu.
Ketujuh, pasteurisasi yang bertujuan untuk membebaskan media tanam dari hama dan penyakit, serta menghilangkan racun pada media tanam. Secara sederhana, pasteurisasi yang berlangsung pada suhu 80-90 derajat celcius selama 8 jam, bisa dilakukan menggunakan drum bekas minyak tanah yang telah diberi "sarang" (kawat kasa tipis).
Kedelapan, penanaman bibit dapat dikerjakan melalui cara menularkan bibit di permukaan media tanam. Bibit bisa ditanam ketika suhu kompos mendingin, antara 27 - 38 derajat celcius. Adapun banyaknya penanaman bibit ke kantong plastik sebanyak 50 gram per kantung.
Kesembilan, penanaman bibit sebaiknya mempergunakan bibit jamur yang baik agar dapat terjaga kemurnian spesiesnya dan strainnya. Bibit jamur lingzhi, yang banyak dipergunakan petani ialah strain dari Taiwan, yang lebih dikenal sebagai lingzhi merah.
Kesepuluh, inkubasi yang merupakan proses pemeraman. Kondisi suhu yang stabil antara 24-28 derajat celcius. Kelembaban terjaga antara 80%-90%. Selama inkubasi berlngasung, tetap harus aktif memeriksa dan menyeleksi baglog yang dipelihara. Ciri media tanam yang tumbuh apabila 10 hari penanaman bibit terlihat merambat memenuhi media tanam.
Kesebelas, pemeliharaan baglog dilakukan dengan cara mengontrol suhu dan kelembaban di sekitar ruangan pertumbuhan dan media tanam. Cara yang dilakukan dengan menyiram secara rutin satu kali sehari. Tetapi kalau kerapkali hujan, tidak perlu lagi penyiraman. Namun harus diingat, penyiraman terlalu basah akan berakibat membusuk dan jamur menjadi mudah terkena hama dan penyakit.
Keduabelas, panen bisa dilakukan, setelah seluruh permukaan merah total. Pada kondisi ideal, lingzhi butuh waktu 3 bulan dari penanaman sampai panen. Diameter tudung lingzhi diperkirakan 15 cm - 20 cm. Baglog 1,2 kg umumnya rata-rata menghasilkan 100 gram lingzhi segar.
Lingzhi segar yang beratnya 100 kg, setelah dikeringkan akan menjadi 30 kg. Harga lingzhi, yang sudah dikeringkan bisa mencapai Rp 500.000,00/kg, sedangkan lingzhi yang masih segar bisa mencapai Rp 300.000,00 per kg.-



http://mitra-bisnis.tripod.com/clingzhi.html



Budidaya Jamur Ling Zhi
Modal Kecil, Budidaya Mudah, Tapi Harga Jualnya Tinggi
Menurut Teguh Nur Iman, pemilik Assalam Gonoderma Ling Zhi yang sudah dapat menghasilkan 100 kg ekstrak Ling Zhi, media yang digunakan adalah serbuk gergaji, dan dapat tumbuh dengan suhu harian mencapai 30°C. Jamur Ling Zhi semakin banyak dicari karena dipercaya dapat mengempur kanker.

Kasiat Ling Zhi untuk Kesehatan

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan periset dari USA, Jepang, China, Jerman, Kanada, Malaysia, Singapura dan Indonesia menunjukan bahwa Ling Zhi memiliki kandungan lebih dari 200 elemen zat aktif yang bermanfaat untuk kesehatan. Misal saja Polisakarida yang bersifat ”pembersih” yang dapat mengurangi kadar gula darah serta memperkuat kekebalan tubuh.
Begitu juga dengan Germanium Organik yang dapat menstabilkan tekanan darah dan mempercepat proses pemulihan stroke. Adapaun Adenosin yang dapat menurunkan kolestrol dan menurunkan penggumpalan darah serta Ling Zhi pun mengandung Ganoderik yang berfungsi untuk peremajaan regenerasi sel yang menambah mempercantik kulit muka dan tubuh.

Membuat Ektrakdan Kapsul Ling Zhi


• Iris tipis jamu Ling Zhi yang telah di panen
• Jemur kering matahari selama 4 hari atau keringkan dengan oven suhu kurang dari 60°C selama 12 jam
• Giling jamur yang telah kering dengan mesin giling tepung ukuran 2 mesh
• Masukan ekstrak Ling Zhi dalam plastik dan siap di distribusikan
• Jika ingin di buat kapsul, masukan ektrak Ling Zhi tersebut ke dalam kapsul kosong lalu tutup dan masukan ke dalam botol pengemasan
• Berikan plastik segel dan kapsul Ling Zhi siap di distribusikan


Cara Membuat Baglog (Media Tanam)

Bahan :
• Bibit media tanam
• 70 kg serbuk gergaji
• 12 kg bekatul
• 1 kg kapur
• 17 kg air
• Polybag
• Cincin
• Plastik ukuran 17/35 tebal 0,5mm, kapas dan karet penutup

Prosedur :
• Campurkan bahan berupa serbuk gergaji, bekatul, kapur dan air lalu aduk hingga merata
• Masukan bahan sebanyhak 900 gram dalam polybag lalu kancing dengan cincin dan tutup dengan plastik dan ikat dengan karet sehingga membentuk seperti lubang tutup botol (baglog)
• Sterilisasi media dengan cara steam baglog dalam autoclave bertekanan 1,5-2,5 bar atau 200°C selama 2 jam
• Dinginkan baglog dalam ruangan selama 12 jam
• Masukan bibit media tanam (F3) dalam lubang baglog lalu ratakan kemudian sumbat dengan kapas dan ikat kembali dengan plastik dan karet
• Simpan baglog dalam rungan pemutihan sehingga terjadi penyebaran bibit miselium dari bagian bawahnya sehingga baglog yang awalnya berwarna coklat berubah jadi warna putih. Dalam waktu 3 minggu miselium telah menyebar lebih dari ¾ baglog dan baglog siap dipindahkan ke rak pertumbuhan
• Dalam rak yang terbuat dari bambu, baglog disimpan secara terlentang dan ditumpuk hingga 10 tumpukan
• Seminggu berikutnya jamur telah ditumbuhi dengan miselium dan jamur siap tumbuh
• Buka ikatan dan kapas pada cincin sehingga batang jamur dapat tumbuh keluar baglog
• Dalam waktu 1 bulan jamur telah keluar batang dan tudung jamur
• Dua bulan berikutnya, jamur sudah matang dan siap dipenen


Asumsi Pendapatan Ling Zhi per Bulan :

1. Investasi Rp. 3.500.000,-
• Investasi awal Rp. 300.000,-
• Investasi tambahan rak & autoclave Rp 3.200.000,-
2. Bahan Baku Rp. 7.100.000,-
• Bibit Rp. 5.000.000,-
• Serbuk gergaji, bekatul dan kapur Rp. 1.200.000,-
• Polybag, plastik, karet & kapas Rp. 400.000,-
• Biaya ektraksi Rp. 300.000,-
• Botol Rp. 200.000,-
3. Biaya Operasional Rp. 2.300.000,-
• Gaji Karyawan 2 orang Rp. 1.500.000,-
• Listrik, air dan telpon Rp. 400.000,-
• Transportasi Rp. 400.000,-
4. Omset Rp. 15.000.000,-
5. Keuntungan bersih Rp. 5.600.000,-
http://peluangusahauntukanda.blogspot.com/2009/01/budidaya-jamur-ling-zhi.html